Pembangkit tenaga surya Serpa Portugal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Solar power plant near Serpa, 38°1′51″LU,7°37′22″BB

Pembangkit tenaga surya Serpa adalah sebuah kumpulan panel surya di Alentejo, Portugal yang dapat menghasilkan 11 MegaWatt listrik. Pabrik ini selesai dibangun pada Januari 2007. Pabrik ini menggunakan panel surya SunPower anak perusahaan dari PowerLight yang dapat mengikuti gerakan matahari sehingga dapat menghasilkan lebih banyak listrik dibanding dengan sistem tetap.

Dana pembangunan pabrik ini dikelola oleh General Electric Financial Service sebagai bagian dari program Ecomagination.[1]

Pabrik Serpa dibangun di tepi bukit seluas 60 hektar (150 acre). Projek ini membantu Uni Eropa dengan menghemat lebih dari 30.000 ton emisi gas rumah kaca per tahunnya bila dibandingkan dengan bahan bakar fosil. UE menyetujui untuk memotong emisi gas rumah kaca sekitar 20% pada 2020, dari tingkat pada tahun 1990.

Portugal sangat tergantung pada bahan bakar fosil yang harus diimpor, dan emisi karbondioksidanya telah meningkat 34% sejak tahun 1990, yang termasuk tercepat di dunia. Untuk mengatasi ini negara ini menerapkan beberapa insentif untuk memasang energi terbaharui.

Tenaga surya menerima banyak dukungan di Portugal, sekitar 77% populasi mendukungnya, menurut penelitian Komisi Eropa yang diterbitkan pada Januari 2007.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]