Pembagian administratif daratan Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  Tanpa county, paroki atau ratusan
  Bekas county, tanpa pembagian lebih lanjut
  County, terbagi menjadi ratusan
  County, terbagi menjadi paroki
  Distrik, sebagian dibagi menjadi divisi (pinggiran). (ACT)
  Distrik Daratan (bekas county), terbagi menjadi paroki, dan sebelumnya menjadi ratusan.
  County, terbagi menjadi paroki, dan sebelumnya menjadi ratusan (hanya di Cumberland)

Pembagian administratif daratan Australia merujuk pada bagian Australia yang terbagi menjadi satuan kadaster, yaitu county, paroki, ratusan, dan divisi lain untuk keperluan kepemilikan tanah. Banyak nama properti di Australia didaftarkan berada di suatu paroki dan county.

Keseluruhan negara bagian timur, yaitu Queensland, New South Wales, Victoria dan Tasmania dibagi menjadi county dan paroki pada abad ke-19, meskipun county di Tasmania berganti nama menjadi distrik daratan pada abad ke-20. Sebgaian Australia Selatan (tenggara) dan Australia Barat (baratdaya) juga dibagi menjadi county, dan juga ada lima county di sebagian kecil Teritorial Utara. Tetapi, Australia Selatan menggunakan pembagian ratusan daripada paroki, bersama Teritorial Utara, yang sebelumnya menjadi bagian dari Australia Selatan ketika ratusan diumumkan. Sebelumnya juga terdapat ratusan di Tasmania. Telah ada sedkitnya 600 county, 544 ratusan dan 15.692 paroki di Australia, tapi tak satu pun yang menempati county bagian tengah dan barat.

County di Australia tidak memiliki fungsi administratif maupun politik, tak seperti county di Inggris dan Amerika Serikat. Australia malah menggunakan Local Government Area (wilayah pemerintah daerah), termasuk shire, distrik, dewan dan munisipalitas menurut negara bagian sebagai pembagian tingkat dua.

Peta Jerman tahun 1891 tentang Australia Tenggara memperlihatkan berbagai pembagian daerah.

Negara bagian lain juga dibagi menjadi divisi daratan dan distrik daratan; pada abad ke-19, distrik daratan kadang berperan sebagai nama daerah di negara bagian ketika county belum diresmikan. Di bawah tingkat ini adalah sekumpulan plot tanah yang dikenal sebagai Deposited Plans, Registered Plans atau Title Plans (tergantung negara bagian). Queensland memiliki Registered Plans; New South Wales dan Australia Barat memiliki Deposited Plans; sementara Victoria memiliki Certified Plans. Tanah dapat diidentifikasi menggunakan nomor penataan pembagian yang dipegang departemen tanah, daripada menggunakan satuan nama seperti paroki (atau keduanya dapat dipakai); penggunaan penataan ini pun semakin umum. Di dalam penataan ini adalah plot tanah individual seperi lot; secara keseluruhan terdapat sekitar 10.2 juta lot tanah di Australia.[1] Berbagai satuan kadaster muncul di Certificates of Title, yang diberikan nomor Volume dan Folio; nomor-nomor ini kadang digunakan untuk mengidentifikasi plot tanah, atau sebagai gabungan dengan satuan lain. Peta mendetail untuk pembagian ini telah digunakan sejak pengenalan sistem nama Torrens pada pusat pendaftaran kepemilikan tanah di Australia Selatan tahun 1858, yang menyebar ke koloni-koloni lain. Sementara data kadaster sejak 1980-an sudah muncul secara digital, masih ada peta lama yang memperlihatkan pembagian ini yang dipegang oleh perpustakaan-perpustakaan Australia seperti National Library of Australia[2], juga di perpustakaan negara bagian.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]