Pemakaman Scaliger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gambar Permakaman Scaliger. Di latar depan makam Mastino II dan Cansignorio dibelakang.

Makam Scaliger (Italian: Arche scaligere) merupakan kelompok dari lima monumen makam Gothik di Verona, Italia, yang dibangun untuk keluarga Scaliger, yang memerintah di Verona dari abad ke-13 sampai di akhir abad ke-14.

Permakaman itu berlokasi di dalam halaman yang dikelilingi dinding gereja Santa Maria Antica, terpisah dari jalan oleh suatu dinding dengan besi kisi-kisi. Terdapat sekelompok makam dengan gaya Gothic, yang berbentuk sebuah kuil kecil dan ditutupi oleh baldachin. Menurut seorang sejarawan Perancis Georges Duby, permakaman tersebut merupakan salah satu contoh dari seni Gothik yang sangat terkenal.

Makam-makam tersebut ditempatkan di dalam besi tempa yang dihiasi dengan motif tangga, di dalam referensi arti Italia nama keluarga, della Scala. Makam-makam tersebut merupakan makam-makam dari anggota-anggota terkemuka dinasti Scaliger:

  • Cangrande I. Makam pertama yang dibangun, pada abad ke-14, menurut wasiat almarhum, pemimpin Scaliger yang paling terkenal di kota itu. Disainer makam-makam tersebut adalah arsitek gereja Sant'Anastasia, yang merancangnya di dalam bentuk sebuah tabernakel Gothik, didukung oleh anjing-anjing yang dirantai (Cangrande berarti "Anjing besar" di dalam bahasa Italia). Di atas makam terdapat patung terlentang sang penguasa, yang ditandai dengan senyum yang tidak biasa. Makam tersebut didekorasikan disetiap sisi oleh relief atas dengan tema agama dan relief bawah dengan tema militer. Dipuncak baldachin awalnya terdapat patung berkuda Cangrande, yang sekarang diganti dengan sebuah tiruan (aslinya sekarang berada di dalam musium Castelvecchio).
  • Mastino II. Berasal dari tahun 1345, makam ini diperbaharui selama konstruksinya. Aslinya dicat dan disepuh, dan tertutup oleh pagar dengan empat patung kebajikan di sudut-sudutnya. Permukaan dari guci makam itu didekorasikan dengan tema religius; pada penutup makam terletak patung almarhum yang dijaga oleh dua malaikat. Baldachin memiliki tema-tema religius yang dipahat pada pedimen, dan juga dihiasi dengan patung berkuda Mastino II.
  • Cansignorio. Berasal dari tahun 1375, dan yang paling bagus didekorasikan. Makam tersebut didisain oleh Bonino da Campione, dan memiliki pahatan yang menggambarkan para prajurit orang-orang kudus, karakter-karakter Gospel, kebajikan dan Apostle, dan patung berkuda Cansignorio yang besar.
  • Alberto II. Tidak seperti makam-makam lainnya, makam ini tidak memiliki baldachin namun hanya sebuah sarkofagus, meskipun didekorasi dengan bagus. Makam itu berasal dari tahun 1301.
  • Giovanni. Monumen ini dibangun kedalam dinding gereja. Diselesaikan pada tahun 1359 oleh Andriolo de' Santi, dan sampai tahun 1400 berlokasi di dalam gereja San Fermo Maggiore.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°26.61862′LU 10°59.93565′BT / 45,44364367°LU 10,9989275°BT / 45.44364367; 10.99892750