Pelek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Residu hitam yang tersisa dari tempat duduk pada pinggiran ban.

Pelek atau gading-gading roda (dari Belanda: velg, dalam Inggris: rim) adalah lingkaran logam di dalam ban untuk menahan tumpuhan kendaraan

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

  • Diameter (efektif): jarak antara bekel (untuk ban), yang diukur pada bidang pelek dan melalui sumbu pusat yang sedang atau akan dipasang, atau yang merupakan bagian integral dengan tepi.
  • Lebar (efektif): pemisahan jarak antara tepi flensa.
  • Tipe: Tergantung pada jenis kendaraan dan ban. Ada berbagai pelek, serta jumlah komponen pelek.
Kendaraan penumpang modern dan ban tubeless biasanya menggunakan one-piece rims dengan "keamanan" pada peleknya. Fitur keamanan membantu menjaga berpegang pada tepi bawah kondisi buruk dengan memiliki sepasang rasas memperluas keselamatan dari pinggiran menuju kursi ban lain dari luar permukaan berkontur pinggirannya.
Kendaraan berat dan beberapa truk mungkin memiliki multi-piece dilepas dan tepi terdiri dari basis yang mount ke roda. Komponen-komponen ini dilepas dari satu sisi untuk pemasangan ban, sementara sisi berlawanan yang melekat pada basis tetap mengarah.
  • Performa kendaraan: Karena pelek adalah tempat ban berada di kemudi dan pinggiran ban mendukung bentuk, dimensi dari pinggiran adalah faktor dalam penanganan karakteristik dari sebuah mobil.
Rim yang terlalu luas dalam kaitannya dengan lebar ban untuk mobil tertentu dapat menghasilkan lebih banyak getaran dan kurang nyaman karena dinding samping ban tidak cukup kelengkungan yang fleksibel mengemudi dengan benar di atas permukaan kasar. Rim besar akan menyebabkan ban untuk mengesek ketika berputar.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Standar stel roda baja dibuat dari pelat logam persegi panjang. Pelat logam dilengkungkan untuk menghasilkan silinder dua lengan dengan tepi bebas lengan dilas bersama-sama. Setidaknya satu silinder berputar siklus operasi dilakukan untuk mendapatkan ketebalan tertentu.

Untuk mendukung struktur tepi silinder, disc dibuat dari pelat logam. Median permukaan luar dari roda disk memiliki silinder geometri untuk pas di pelek. Pinggirnya dan roda disk dirakit dengan memasang bersama di bawah kursi luar pelek dan dilas bersama-sama.

Arti nama[sunting | sunting sumber]

Dekorasi roda sering salah dirujuk sebagai "rim". Penggunaan istilah "pinggiran" juga tidak benar karena hanya mengacu pada bagian terluar roda (di saat ban sudah terpasang), seperti pinggiran cangkir kopi atau kawah meteor tidak mengacu ke seluruh objek.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]