Pekan mode

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Koleksi Spring 2007 dalam Pekan Mode London.
Koleksi Alexander Wang dalam Pekan Mode New York 2010.
Seorang peragawan dalam Pekan Mode Paris.

Pekan mode adalah sebuah pagelaran dalam industri mode, diselenggarakan selama satu minggu, dan menjadi ajang bagi para perancang busana, merek busana atau rumah mode untuk memeragakan koleksi terbaru mereka, dan para penikmat mode serta media juga berkesempatan untuk meliput dan menyaksikan tren busana terbaru. Ajang ini memungkinkan industri mode untuk mengetahui apa yang sedang in dan apa yang sudah out dalam suatu musim mode tertentu.

Pekan mode yang paling terkemuka diadakan di empat kota mode dunia, yaitu: New York City, London, Milan, dan Paris.[1] Kota-kota lainnya yang juga terkenal akan pekan modenya di antaranya Kopenhagen, Australia, Bangalore, Berlin, Buenos Aires, Dallas, Dubai, Jakarta, Los Angeles, Madrid, São Paulo, Toronto, dan Lahore.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1943, Pekan Mode New York diselenggarakan untuk pertama kalinya, yang bertujuan untuk mengalihkan perhatian dari mode Paris selama Perang Dunia II, di mana pada saat itu para penggiat industri mode tidak bisa melakukan perjalanan ke Paris. Ini adalah saat yang tepat, karena selama berabad-abad, para perancang busana Amerika dianggap terlalu bergantung kepada Perancis untuk inspirasi gaya.[butuh rujukan] Pakar mode Eleanor Lambert menyelenggarakan sebuah acara yang dinamakannya "Press Week" untuk menampilkan karya para desainer Amerika Serikat kepada jurnalis mode, yang sebelumnya memandang sebelah mata karya-karya mereka. Press Week ini sukses, dan sebagai hasilnya, majalah-majalah seperti Vogue (yang awalnya dipenuhi oleh desain Paris dan London), mulai menampilkan karya-karya perancang Amerika. Sampai tahun 1994, peragaan busana diadakan di lokasi yang berbeda-beda, seperti di hotel atau aula. Pada akhirnya, setelah kecelakaan struktural yang terjadi dalam peragaan busana Michael Kors, penyelenggaraannya kemudian dipindahkan ke Bryant Park, di belakang Perpustakaan Umum New York, dan tetap diadakan di sana sampai tahun 2010, kemudian pindah lagi ke Lincoln Center.

Jadwal[sunting | sunting sumber]

New York City, London, Milan, dan Paris masing-masingnya menyelenggarakan pekan mode dua kali dalam setahun. New York memulainya untuk masing-masing musim, dan kota-kota lainnya akan mengikuti secara berurutan. Ada dua musim utama setiap tahunnya, yaitu Autumn/Winter dan Spring/Summer. Untuk busana wanita, musim Autumn/Winter akan mulai diperagakan pada bulan Februari di New York dan berakhir di Paris pada bulan Maret. Sedangkan musim Spring/Summer mulai diperagakan di New York pada bulan September dan berakhir di Paris pada bulan Oktober. Peragaan busana pria Autumn/Winter dimulai pada bulan Januari di Milan selama satu minggu dan kemudian diikuti oleh Paris, sedangkan busana pria musim Spring/Summer diperagakan pada bulan Juni. Busana wanita haute couture biasanya diperagakan seminggu setelah peragaan busana pria di Paris. Untuk pertama kalinya, peragaan busana wanita haute couture juga diadakan di Singapura pada bulan Oktober 2011. Ini adalah pertama kalinya busana wanita haute couture diperagakan di luar Paris.[2][3]

Selama beberapa tahun terakhir, kebanyakan perancang busana juga memeragakan koleksi antar-musim antara musim Autumn/Winter dan Spring/Summer. Koleksi ini biasanya lebih bersifat komersial daripada koleksi musim utama dan membantu mempersingkat waktu tunggu pelanggan yang ingin menyaksikan busana untuk musim terbaru. Koleksi antar-musim ini adalah Resort/Cruise (sebelum Spring/Summer) dan Pre-Fall (sebelum Autumn/Winter). Tidak ada jadwal tetap untuk penyelenggaraan pekan mode antar-musim ini di kota-kota mode, namun ini biasanya diselenggarakan tiga bulan setelah penyelenggaraan pekan mode musim utama. Beberapa perancang busana memeragakan koleksi antar-musim mereka di luar kota asal mereka, misalnya Karl Lagerfeld, yang memeragakan koleksi Resort dan Pre-Fall untuk Chanel di kota-kota seperti Moskow, Los Angeles dan Monte Carlo, bukannya di Paris. Kebanyakan perancang busana juga mempresentasikan busana yang ditujukan untuk musim utama selama musim Resort dan Pre-Fall untuk menghemat biaya atau karena mereka merasa bahwa busana tersebut dapat dipahami dengan lebih baik dalam musim tersebut.

Beberapa pekan mode juga memeragakan genre busana yang lebih spesifik, misalnya Pekan Mode Miami (pakaian renang), Rio Summer (pakaian renang), Pekan Mode Prêt-a-Porter (busana siap pakai), Pekan Mode Couture, dan Pekan Mode Bridal, sedangkan Pekan Mode Portland (Oregon, AS) memeragakan busana-busana yang ramah lingkungan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Big 4 Fashion Weeks Get Company." International Herald Tribune (Oct. 3, 2006).
  2. ^ "Haute Couture at Women's Fashion Week 2011 - LifestyleAsia.com - Key to your city". Sg.lifestyleasia.com. Diakses 2011-09-20. 
  3. ^ Lim, Serene (2011-09-10). "Style | Top couturiers to come here". TODAYonline. Diakses 2011-09-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]