Peironela d'Aragón

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Peironela dari Aragon)
Peironela
Peironela dengan suaminya Ramón Berenguer IV
Ratu Aragon
Berkuasa1137 - 1164
PendahuluRamiro II dari Aragon
PenerusAlfonso II dari Aragon
Informasi pribadi
Pemakaman
Katedral Barcelona
WangsaWangsa Jiménez
AyahRamiro II dari Aragon
IbuAgnés, Ratu Aragón
PasanganRamón Berenguer IV
AnakPero d'Aragón
Dulce, Ratu Portugal
Alfonso II dari Aragon
Ramón Berenguer III dari Provence
Sanç dari Provence
Tanda tanganPeironela

Peironela dari Aragon (29 Juni 1136 – 15 Oktober 1173) juga dieja Peyronela atau Payronella[1] dan Peronel·la, adalah seorang Ratu yang memimpin Aragon dari tahun 1137 sampai tahun 1164. Ia adalah putri dan ahli waris Ramiro II dari Aragon dan Agnés, Ratu Aragón. Dari pernikahannya, ia juga dinobatkan sebagai adipati wanita Barcelona.

Peironela menjadi seroang ahli waris takhta melalui pernyataan khusus. Ayahandanya, Ramiro, adalah Uskup Barbastro-Monzón dan kakandanya, Alifonso I, meninggal tanpa penerus takhtanya pada tahun 1134, dan meninggalkan mahkota kepada 3 ordo militer keagamaan. Namun, para bangsawan Aragon memberikan takhta tersebut kepada Ramiro. Sebagai raja, ia menerima dispensasi kepausan untuk mengabdi dari sumpah biaranya untuk melindungi ahli waris takhta. Raja Ramiro sang Biarawan diketahui menikahi Agnès, putri Guilhem IX dari Aquitaine dan Gascogne, dan ia dikaruniakan seorang ahli waris, Peironela. Ketika berusia kurang lebih setahun, Peironela menikah di Barbastro pada tanggal 11 Agustus 1137 dengan Ramón Berenguer IV.[2] Tak lama setelah itu, Ramiro mengabdikasikan dirinya atas bantuan Peironela dan Ramón Berenguer dan kembali ke kehidupannya sebagai seorang biarawan.

Peironela melangsungkan pesta pernikahannya dengan Ramón Berenguer di awal tahun 1151,[2] ketika ia hampir berusia 15 tahun. mereka dikaruniakan lima orang anak:

Tak lama setelah kematian suaminya pada tahun 1162, Peironela mengumumkan mahkota Aragon atas nama putra sulungnya, Ramón Berenguer, yang disambut meriah oleh rakyat Aragon, ia kemudian mengganti namanya menjadi Alifonso. Putranya adalah pemimpin pertama Aragon dan Catalunya (tempat ia dikenal sebagai Alifonso I), dan dengan ini membangun hubungan antar wangsa dari dua negara yang berlangsung sampai Mahkota Aragon yang dihapus pada tahun 1707. Kedua negara tersebut sebagian besar tetap terpisah sebagai daerah federal yang memiliki sistem hukum dan pemerintahan tersendiri. Pemimpinnya menggunakan gelar baik Raja Aragon dan Adipati Barcelona. Alifonso II berusia tujuh tahun ketika pada tanggal 18 Juli 1164 Peironela menyerahkan takhtanya. Ia meninggal dan dimakamkan di Katedral Barcelona, tetapi makamnya telah menghilang sekarang.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ana Isabel Lapeña Paúl (2008): "Apéndice III. Ramiro II en la Crónica de San Juan de la Peña". Ramiro II de Aragón: el rey monje (1134-1137). Gijón: Trea. p. 298. ISBN 978-84-9704-392-2
  2. ^ a b Charles Cawley, Medieval Lands, Kings of Aragon

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bisson, Thomas N. The Medieval Crown of Aragon: A Short History. Oxford: Clarendon Press, 2000.
  • Chaytor, Henry John. A History of Aragon and Catalonia. London: Methuan, 1933.
  • Stalls, William C. "Queenship and the Royal Patrimony in Twelfth-Century Iberia: The Example of Petronilla of Aragon", Queens, Regents and Potentates, Women of Power, vol. 1 (Boydell & Brewer, 1995), 49-61.
Peironela d'Aragón
Lahir: 29 Juni 1136 Meninggal: 15 Oktober 1173
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Ramiro II
Ratu Aragon
1137–1164
Diteruskan oleh:
Alfonso II