Pecunix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pecunix adalah mata uang emas digital yang didirikan pada tahun 2002 oleh Simon Davis. Pecunix menjalankan sistem yang sama dengan rivalnya, seperti e-gold, yang membolehkan pengguna untuk mentransfer emas secara instan antarpengguna. Diperkirakan pada akhir 2004, sudah ada lebih dari 6.500 pengguna yang menyimpan uang mereka di Pecunix. Hingga bulan Oktober 2006, Pecunix mempunyai 73,92 kilogram emas di gudang penyimpanan mereka yang nilainya diperkirakan mencapai US$ 1.425.000,00.[1] Emas milik Pecunix disimpan dengan menggunakan jasa Mat Securitas Express AG yang berkedudukan di Zurich, Swiss.

Pecunix, Inc. adalah perusahaan inkorporasi yang terdaftar di Republik Panama.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Pecunix menyediakan alternatif untuk mengamankan nilai tukar dengan mengganti uang dengan emas, seperti lawannya yang juga menawarkan hal serupa. Semua transaksi yang dilakukan di Pecunix dikenai biaya sebesar 0,5% untuk transaksi hingga 100 gram emas dan 0,15% untuk semua transaksi di atas nilai tersebut. Biaya minimumnya adalah 0,0001 gram.

Menurut pendapat Jim Davidson, pengarang The Indomitus Report, Pecunix tidak pernah mengalami masalah keamanan dan pencurian uang milik pengguna yang disebabkan oleh serangan virus atau penipuan lewat surat elektronik.[2] Perangkat lunak mereka diperkuat dengan fitur PGP untuk meningkatkan privasi dan keamanan.

Penukaran mata uang[sunting | sunting sumber]

Pecunix tidak menjual mata uang mereka secara langsung kepada pengguna. Ada banyak jasa penukaran mata uang digital yang menjual Pecunix dengan mata uang sebenarnya ditambah biaya transaksi, begitu pula sebaliknya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]