Penghargaan Peabody

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Peabody Award)
Penghargaan Peabody
DeskripsiKeunggulan dalam penyiaran radio dan/atau televisi
Negara Amerika Serikat
Dipersembahkan olehSekolah Jurnalisme dan Komunikasi Massa Henry W. Grady, Universitas Georgia
Diberikan perdana1940
Situs webhttp://www.peabody.uga.edu/

Penghargaan George Foster Peabody (George Foster Peabody Awards) atau lebih dikenal sebagai Penghargaan Peabody adalah penghargaan untuk keunggulan dalam jurnalisme penyiaran radio dan televisi, film dokumenter, program pendidikan, program anak-anak, dan hiburan. Penghargaan tertua dalam bidang media elektronik ini diberikan pertama kali pada tahun 1941 untuk produksi dari tahun sebelumnya.

Penghargaan Peabody diberikan oleh Sekolah Jurnalisme dan Komunikasi Massa Henry W. Grady Universitas Georgia (UGA). George Foster Peabody adalah seorang pengusaha sekaligus filantropis yang menyumbangkan dana untuk penghargaan di bidang jurnalistik. Penghargaan Peabody berasal dari ide Lambdin Kay sewaktu menjabat direktur layanan masyarakat radio WSB di Atlanta, Georgia.

Penghargaan Peabody awalnya hanya diberikan untuk bidang radio, sementara penghargaan bidang televisi dimulai sejak tahun 1948. Pada akhir tahun 1990-an, penghargaan juga mencakup informasi yang disebarluaskan melalui situs web. Penghargaan ini tidak berlaku untuk produksi film bioskop.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]