Paus Aleksander VI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Paus Alexander VI)
Paus

Aleksander VI
Awal masa kepausan
11 Agustus 1492
Akhir masa kepausan
18 Agustus 1503
PendahuluInosensius VIII
PenerusPius III
Informasi pribadi
Nama lahirRoderic Borja (Italia: Rodrigo Borgia)
Lahir1 Januari 1431
Xàtiva, Valencia, Spanyol
Wafat18 Agustus 1503
Roma, Italia
Paus lainnya yang bernama Aleksander

Paus Alexander VI, lahir dengan nama Rodrigo de Borja (Valencia: Roderic Llançol i de Borja [roðeˈɾiɡ ʎanˈsɔɫ i ðe ˈβɔɾdʒa],Spanyol: Rodrigo Lanzol y de Borja [roˈðɾiɣo lanˈθol i ðe ˈβorxa]; 1 Januari 1431 - 18 Agustus 1503), adalah Paus dan kepala Negara Gereja dari 11 Agustus 1492 sampai kematiannya. Dia merupakan salah satu paus Renaisans yang paling kontroversial, terutama karena dia mengakui beberapa anak dari para gundiknya. Oleh karena itu nama keluarga Valencia-nya versi Italia, Borgia, menjadi pameo untuk libertinisme dan nepotisme, yang secara tradisional dianggap mencirikan status kepausannya. Dua penerus Alexander, paus Sistus V dan Urbanus VIII, menggambarkannya sebagai salah satu paus paling menonjol sejak Santo Petrus.[1]

Kelahiran dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Rodrigo de Borja lahir pada tanggal 1 Januari 1431, di kota Xàtiva dekat Valencia, salah satu wilayah dari Takhta Aragon, di tempat yang sekarang menjadi Spanyol.[2] Orang tuanya adalah Jofré Llançol i Escriva (meninggal pada 24 Maret 1437) dan Isabel de Borja y Cavanilles (meninggal 19 Oktober 1468), yang berasal dari Aragon dan merupakan sepupu terjauhnya. Nama keluarganya ditulis Llançol dalam Bahasa Valencia dan Lanzol dalam Bahasa Spanyol Kastilia. Rodrigo mengadopsi nama keluarga ibunya dari Borja pada tahun 1455 setelah diangkatnya paman dari pihak Ibunya, Alonso de Borja (dengan nama Italia Alfonso Borgia) menjadi paus dengan nama Kalistus III.

Sebagai alternatif, telah diperdebatkan bahwa ayah Rodrigo adalah Jofré de Borja y Escriva, membuat Rodrigo memiliki kedua orang tua yang berasal dari keluarga Borja. Namun, anak-anaknya diketahui berasal dari silsilah ayah Llançol. Beberapa revisionis menunjukkan bahwa kebingungan tersebut disebabkan oleh upaya untuk menghubungkan Rodrigo sebagai ayah Giovanni, Cesare, Lucrezia dan Gioffre, yang bermarga Llançol i Borja.[3]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Rodrigo Borgia belajar hukum di Bologna di mana dia lulus, tidak hanya sebagai Doctor of Law, tapi juga sebagai "yurisprudensi yang paling terkemuka dan bijaksana". Setelah pemilihan pamannya sebagai Paus Callixtus III, dia ditahbiskan sebagai diakon dan menciptakan Kardinal Diardis San Nicola di Carcere pada usia dua puluh lima tahun pada tahun 1456. Pada tahun berikutnya, dia ditunjuk sebagai wakil rektor Gereja Roma Suci. Penunjukan nepotistik adalah karakteristik dari usia. Setiap paus selama periode ini mau tidak mau mendapati dirinya dikelilingi oleh para pelayan dan pengikut pendahulunya yang sering berutang kesetiaan kepada keluarga paus yang telah menunjuk mereka. Pada 1468, dia ditahbiskan menjadi imam dan, pada 1471, dia dikuduskan menjadi uskup dan diangkat menjadi Kardinal-Uskup Albano.[1]Setelah bertugas di Kuria Roma di bawah lima paus - pamannya Calixtus III, Pius II, Paul II, Sixtus IV dan Innocent VIII - Rodrigo Borgia memperoleh banyak pengalaman, pengaruh dan kekayaan administratif.

Penampilan dan kepribadian[sunting | sunting sumber]

Laporan kontemporer menunjukkan bahwa Rodrigo "tampan, dengan wajah dan ceria yang sangat ceria. Dia berbakat dengan kualitas menjadi pembicara yang lancar dan kenakalan pilihan. Wanita cantik tertarik padanya dan senang dengannya dengan cara yang luar biasa, lebih kuat daripada bagaimana 'besi ditarik ke magnet'. Rodrigo Borgia juga seorang yang cerdas dengan apresiasi terhadap seni dan sains dan penghormatan yang sangat besar terhadap Gereja. Dia mampu dan berhati-hati, dianggap sebagai "pendeta politik" oleh beberapa orang. Dia adalah pembicara berbakat dan hebat dalam percakapan. Selain itu, dia "sangat akrab dengan Kitab Suci, bahwa pidatonya cukup berkilau dengan teks-teks Kitab Suci yang dipilih dengan baik".

Uskup Agung Valencia[sunting | sunting sumber]

Ketika pamannya, Alonso de Borja (uskup Valencia), terpilih sebagai Paus Callixtus III, dia "mewarisi" jabatan uskup Valencia. Enam belas hari sebelum kematian Paus Innocent VIII, dia mengusulkan Valencia sebagai kota metropolitan dan menjadi uskup agung pertama Valencia. Ketika Rodrigo de Borgia terpilih sebagai paus sebagai Alexander VI setelah kematian Innocent VIII, giliran putrinya Cesare Borgia untuk "mewarisi" jabatan tersebut sebagai uskup agung kedua Valencia. Uskup agung ketiga dan keempat dari Valencia adalah Juan de Borja dan Pedro Luis de Borja, keponakan grand Alexander VI.

Terjemahan dari plakat di sisi Istana Uskup Agung Valencia:

ALEXANDER VI

Pada tanggal 9 Juli 1492, Paus Innocent VIII, atas permintaan Kardinal Borja dan Raja-Raja Katolik, menaikkan Valencia menjadi pangkat metropolitan, membuat Rodrigo dari Borja menjadi Uskup Agung Valencia yang pertama.

Mistresses dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Banyak gundik Alexander yang untuknya gairah bertahan paling lama adalah Vannozza (Giovanna) dei Cattanei, lahir tahun 1442, dan istri dari tiga suami berturut-turut. Sambungan dimulai pada 1470, dan dia memiliki empat anak yang secara terbuka dia akui sebagai miliknya: Cesare (lahir 1475), Giovanni, kemudian Duke of Gandia (umumnya dikenal sebagai Juan, lahir 1476), Lucrezia (lahir 1480), dan Gioffre ( Goffredo dalam bahasa Italia, lahir 1481 atau 1482).

Untuk jangka waktu tertentu, sebelum melegitimasi anak-anaknya setelah menjadi Paus, Rodrigo berpura-pura bahwa keempat anaknya dengan Vannozza adalah keponakan dan keponakannya dan bahwa mereka dilahirkan oleh suami Vannozza.

Sebelum diangkat ke kepausan, semangat Kardinal Borgia untuk Vannozza agak berkurang, dan dia kemudian menjalani kehidupan yang sangat pensiun. Tempatnya dalam kasih sayangnya dipenuhi, menurut beberapa orang, oleh Giulia Farnese yang cantik ("Giulia la Bella"), istri seorang Orsini. Namun, dia masih sangat mencintai Vannozza, dengan cara yang dia anggap 'spiritual', dan cintanya kepada anak-anaknya oleh Vannozza tetap sekuat sebelumnya dan terbukti, memang, faktor penentu dari keseluruhan kariernya. Dia mencurahkan banyak uang untuk mereka dan memuji mereka dengan segala hormat. Vannozza tinggal di Istana Kardinal yang terlambat, atau di sebuah vila besar yang megah. Anak-anak tinggal di antara rumah ibu mereka dan Istana Kepausan itu sendiri. Suasana rumah tangga Alexander ditandai oleh fakta bahwa putrinya Lucrezia rupanya tinggal dengan Giulia pada suatu saat.

Perjanjian Tordesillas[sunting | sunting sumber]

Dengan selesainya Reconquista, atau dalam bahasa Indonesia artinya "penaklukkan kembali", Portugal dan Spanyol memiliki ambisi yang sama untuk menjalankan misi Gold, Glory, dan Gospel yang memicu ketegangan diantara mereka. Paus Aleksander VI mengadakan Perjanjian Tordesillas pada tahun 1494, untuk membagi penguasaan dunia, yaitu Spanyol ke arah Barat (Benua Amerika) dan Portugis ke arah Timur (Benua Asia).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Mallett (1981), hlm. 9
  2. ^ Downey, Kirstin (2014). Isabella: The Warrior Queen. Knopf Doubleday Publishing Group. ISBN 978-0-385-53412-3. 
  3. ^ Meyer, G. J. (2014). "Background: The paternity question: An apology". The Borgias: The Hidden History. Bantam. hlm. 239–247. ISBN 978-0345526922.