Paul Maxime Nurse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sir Paul Maxime Nurse

Paul Nurse
Lahir 25 Januari 1949 (umur 65)
Wembley, London
Kebangsaan Britania Raya
Bidang biokimia
Alma mater Universitas Birmingham
University of East Anglia
Dikenal atas pengaturan siklus sel oleh siklin
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 2001

Sir Paul Maxime Nurse, FRS (lahir 25 Januari 1949; umur 65 tahun) adalah seorang biokimiawan Britania Raya. Ia dianugerahi Penghargaan Nobel Kedokteran pada tahun 2001 bersama dengan Leland Harrison Hartwell dan Richard Timothy Hunt untuk penemuan berkaitan pengaturan siklus sel oleh siklin dan kinase bergantung siklin.

OrTu Nurse berasal dari Norfolk. Ia lahir dan besar di Wembley, London barat laut, dan dididik di Harrow County School for Boys. Ia menerima gelar sarjana dan master pada tahun 1970 dari Universitas Birmingham dan gelar PhD pada tahun 1973 dari University of East Anglia. Di awal 1976, Nurse mengidentifikai cdc2 pada ragi (Schizosaccharomyces pombe). Gen ini mengendalikan proses siklus sel dari fase G1 ke S dan perubahan dari fase G2 ke mitosis. Pada tahun 1987, Nurse mengidentifikasi gen homolog pada manusia, CDK1, kode untuk kinase bergantung siklin.

Pada tahun 1984, Nurse bergabung dengan Imperial Cancer Research Fund (ICRF, sekarang Cancer Research UK London Research Institute). Ia keluar pada tahun 1988 untuk mengepalai bagian mikrobiologi di University of Oxford. Ia kemudian kembali ke H ICRF sebagai direktur riset pada tahun 1993, dan pada tahun 1996 diangkat sebagai DirJen ICRF, yang menjadi Cancer Research UK London Research Institute pada tahun 2002. Pada tahun 2003, ia menjadi presiden Rockefeller University, New York City di mana ia melanjutkan kerja pada siklus sel ragi fisi.

Di samping Penghargaan Nobel, Nurse telah menerima sejumlah penghargaan dan penghormatan. Pada tahun 1989, ia menjadi anggota Royal Society dan pada tahun 1995 ia menerima Royal Medal dan menjadi mitra asing National Academy of Sciences. Ia menerima Albert Lasker Award for Basic Medical Research pada tahun 1998. Nurse dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1999. Ia dianugerahi Legion d'honneur pada tahun 2002. Ia juga dianugerahi Copley Medal pada tahun 2005. Ia terpilih sebagai anggota kehormatan asing di American Academy of Arts and Sciences, salah satu penghormatan tinggi, pada bulan April 2006.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Berita[sunting | sunting sumber]

Kuliah dan penerbitan[sunting | sunting sumber]