Paul Harvey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Paul Harvey

Paul Harvey menerima Presidential Medal of Freedom pada tahun 2005
Lahir Paul Harvey Aurandt
4 September 1918
Tulsa, Oklahoma
Meninggal 28 Februari 2009 (umur 90)[1]
Phoenix, Arizona
Anak Paul Harvey, Jr.

Paul Harvey Aurandt (lahir di Tulsa, Oklahoma, 4 September 1918 – meninggal di Phoenix, Arizona, 28 Februari 2009 pada umur 90 tahun[2]) atau dikenal sebagai Paul Harvey adalah penyiar radio ABC, Amerika Serikat. Semasa hidupnya, ia dikenal berkat acara News and Comment dan segmen The Rest of the Story yang dibawakannya setiap pagi dan setiap tengah hari kerja, serta setiap Sabtu siang. Setiap minggunya, pendengar Paul Harvey diperkirakan berjumlah 22 juta orang.[3]

Karier[sunting | sunting sumber]

Paul Harvey lahir dan dibesarkan di Tulsa, Oklahoma. Ketika masih kanak-kanak, ia sudah bisa membuat radio penerima sendiri. Pada tahun 1933, atas anjuran guru sekolah menengah atas tempatnya bersekolah, Harvey mulai bekerja di radio KVOO. Pekerjaannya sebagai petugas kebersihan hingga akhirnya diizinkan siaran, membacakan iklan dan berita.

Sambil kuliah di Universitas Tulsa, ia terus bekerja di radio KVOO sebagai penyiar hingga dinaikkan jabatannya menjadi pengarah acara. Harvey bertugas selama tiga tahun sebagai manajer stasiun lokal di Salina, Kansas. Setelah itu, ia pindah ke radio KOMA di Oklahoma City, sebelum pindah ke KXOK di St. Louis. Di KXOK, ia menjabat direktur acara khusus sekaligus reporter.

Pada tahun 1940, Harvey pindah ke Hawaii untuk meliput Angkatan Laut Amerika Serikat yang saat itu sedang memusatkan armadanya di Pasifik. Setelah Pearl Harbor diserang Jepang, ia pulang ke daratan Amerika. Walaupun sebentar, Harvey sempat berdinas di Angkatan Udara Amerika Serikat selama Perang Dunia II, dari Desember 1943 hingga Maret 1944.

Setelah lepas dari dinas militer, Harvey pindah ke Chicago. Pada bulan Juni 1944, ia mulai bekerja sebagai penyiar di radio WENR yang berafiliasi dengan ABC. Namanya cepat melesat sebagai penyiar paling populer di Chicago. Pada tahun 1945, Harvey mulai membawakan acara radio Jobs for G.I. Joe yang berisi pengumuman lowongan kerja untuk para pengangguran di masa pascaperang. Harvey menambahkan segmen The Rest of the Story yang mengetengahkan karangan khas yang dibacakannya sejak tahun 1946 (sebagai acara teratur sejak tahun 1976). Pada 1 April 1951, ABC Radio Network meluncurkan acara berita dan ulasan berita Paul Harvey News and Comment "Commentary and analysis of Paul Harvey each weekday at 12 Noon". Paul Harvey juga mengudara setiap hari Minggu, namun di kemudian hari, acara hari Minggu dipindah ke hari Sabtu.

Dari akhir tahun 1960-an hingga awal 1980-an, Paul Harvey membuat editorial sepanjang 5 menit yang ditawarkannya kepada stasiun televisi lokal. Editorial tersebut dapat dimasukkan sebagai selingan dalam program berita lokal atau dipertunjukkan sebagai acara tersendiri. Pada 10 Mei 1976, ABC Radio Networks meluncurkan The Rest of the Story sebagai acara tersendiri. Putra Harvey yang berprofesi sebagai pianis dalam konser menjadi pencipta dan produser seri The Rest of the Story, sementara Harvey tetap sebagai satu-satunya penulis naskah.

Pada akhir tahun 2000, Harvey menandatangani kontrak 10 tahun senilai AS$100 juta dengan ABC Radio Networks. Beberapa bulan kemudian, ia terpaksa tidak siaran karena cedera pita suara. Harvey kembali mengudara pada akhir Agustus 2001.

Acara Paul Harvey, News and Commentary dapat didengar dari situs web dua kali sehari. Acara News and Commentary diudarakan oleh lebih dari 1.200 stasiun radio, 400 stasiun Armed Forces Network di seluruh dunia, dan dimuat dalam 300 judul surat kabar. Berita yang disampaikannya begitu mendunia, sehingga Paul Harvey dijuluki jaringan berita terbesar yang hanya dibawakan seorang diri. Salinan dari siaran radio dan kolom yang ditulisnya sering dimasukkan ke dalam Congressional Record.

Setelah bulan April 2008, Harvey tidak lagi menjadi pembawa acara tetap akibat sakit radang paru-paru. Tidak lama setelah sembuh, istrinya meninggal dunia pada 3 Mei 2008, dan membuatnya lama tidak mengudara. Sebelum meninggal dunia, Harvey mengisi suara untuk iklan, merekam episode baru The Rest of the Story dan "News & Comments" setiap tengah hari. Siaran dilakukannya beberapa hari dalam sepekan, sementara putranya, Paul Jr. siaran di pagi hari.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Report: Radio Legend Paul Harvey Dies". CBS-13 TV website. 2009-02-28. Diakses 2009-02-28. 
  2. ^ "Report: Radio Legend Paul Harvey Dies". CBS-13 TV website. 2009-02-28. Diakses 2009-02-28. 
  3. ^ "Broadcaster Delivered 'The Rest of the Story'". Washington Post. Diakses 2009-03-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]