Paul Andreu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Paul Andreu (lahir di Caudéran / Gironde, 10 Juli 1938; umur 76 tahun) adalah seorang arsitek Perancis terkenal. Ia dikenal karena merancang sejumlah bandar udara di seluruh dunia, termasuk Bandar Udara Internasional Ninoy Aquino (Manila), Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta), Bandar Udara Internasional Pudong Shanghai (Cina), Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Bandar Udara Internasional Dubai, Bandar Udara Internasional Kairo, Bandar Udara Internasional Brunei, Bandar Udara Internasional Charles de Gaulle (Paris) dan Bandar Udara Paris - Orly.

Osaka Maritime Museum, Osaka, Jepang

Proyek prestisius lainnya meliputi Grande Arche di La Défense Paris (bersama Johann Otto von Spreckelsen) dan pusat pertunjukan seni baru dekat Tiananmen Square Beijing yang diresmikan tanggal 22 Desember 20072007[1].

Andreu lulus tahun 1961 dari École Polytechnique.

Ia merancang dan membangun Bandar Udara Internasional Charles de Gaulle (Roissy) di Paris sejak 1967. Tanggal 23 Mei 2004, sebagian atap Terminal 2E runtuh, meneaskan empat orang. Terminal 2E, diresmikan tahun 2003, adalah terminal ketujuh di Roissy yang dirancang Andreu, dan dianggap sebagai salah satu desain terbaiknya. Keruntuhan ini menurut komisi administratif disebabkan berbagai masalah teknis dan kurangnya margin keselamatan pada desainnya. Andreu menyalahkan keruntuhan ini karena penetapan yang kurang oleh perusahaan pembangun.

Tanggal 28 September 2004, sebuah bagian pembantu yang diangkat untuk membuat dinding pada terminal rancangan Andreu lainnya, Terminal 3 di Bandar Udara Internasional Dubai, jatuh ketika sedang dibangun, menewaskan lima pekerja konstruksi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]