Patumbak, Deli Serdang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patumbak
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Utara
KabupatenDeli Serdang
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri12.07.21
Kode BPS1212210
Desa/kelurahan8 desa

Patumbak adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kecamatan Patumbak terdiri dari beberapa desa. Diantaranya adalah Desa Sigara-gara, Desa Lanta Sanlama dan Desa Patumbak Kampung

Perkebunan Tembakau di Patumbak (1903)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Patumbak pernah menjadi ibu negeri dari Urung Senembah yang merupakan salah satu Negeri Urung (Kerajaan) Suku Karo di wilayah Pesisir Timur Sumatera, yang dipimpin oleh seorang raja urung ber-merga Karo-karo Barus dengan gelar perbapan urung dan setelah menguatnya pengaruh Islam dan Aceh di Sumatera Timur berganti menjadi raja urung ataupun datuk urung.

Dahulu Patumbak pernah menjadi daerah pusat perkebunan tembakau yang dimonopoli oleh Senembah Maatschappij semasa penjajahan Hindia Belanda.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk asli Patumbak (Senembah) adalah Suku Karo dan Melayu, kemudian datang kaum migran dari berbagai suku bangsa di nusantara yang didominasi oleh suku Simalungun dan Jawa yang pada dasarnya datang atau didatangkan sebagai buruh perkebunan dan buruh tani, kemudian disusul oleh Minang dan Toba, serta suku lainnya.

Menurut hasil survei 2011 dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang, populasi penduduk Patumbak telah mencapai 20795 rumah tangga, dengan jumlah penduduk 88961 jiwa, dimana terdiri dari 45123 jiwa penduduk laki-laki dan 43838 penduduk wanita.

Tempat Terkenal[sunting | sunting sumber]

- Rumah Mbelin Raja Urung Senembah

- Kolam Renang Pondok Cabe

- Wisata Alam Pemandian Pantai Casan

Referensi[sunting | sunting sumber]

- Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang

- Barus, Wan Chaidir.2016. Sebuah Pengantar Sejarah Kerajaan Urung Senembah.Jakarta: Cahaya Karo Foundation