Patriot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkas:Cover buku Patriot yang berjudul prahara.jpeg
Cover buku Patriot (Bagian 1) yang berjudul Prahara - cover digambar oleh Iwan Nazif

Patriot adalah kelompok superhero yang berisikan pahlawan super seperti Godam, Gundala, Sri Asih dan Aquanus. Patriot awalnya pertama kali muncul sebagai serial komik yang diterbitkan oleh Sraten Komik Indonesia. Terbit dengan judul Eksperimen-X pada November 1996. Hanya muncul satu episode dan tidak berkelanjutan. Bumilangit Komik sebagai pemilik hak cipta Gundala dan karakter superhero lainnya merilis buku komik cetak Patriot yang berjudul Prahara pada awal tahun 2019.

Empat Superhero Klasik[sunting | sunting sumber]

Komik ini adalah kemunculan kembali untuk kali pertama dari karakter Godam, Gundala, Aquanus dan Maza. Godam dan Aquanus adalah karakter superhero ciptaan Wid NS. Gundala dan Maza adalah karakter superhero ciptaan Hasmi. Ada sedikit perubahan desain dari karakter Godam dan Aquanus. Sedangkan Maza mengalami perubahan desain yang cukup mencolok dari penambahan sepatu dan selempang.


Anggota Patriot[sunting | sunting sumber]

Berkas:Patriot prahara.jpeg
Lukisan karya komikus Iwan Nazif yang menampilkan perpecahan antara superhero yang saling menyerang satu sama lain

Sri Asih (Leader) - Tira - Gundala - Godam - Mlaar - Aquanus - Sembrani - Untara - Maza (dan Jin Kartubi) - Virgo - Kalong - Merpati - Tora

Monster Liar[sunting | sunting sumber]

Cover Patriot Eksperimen-X, 1996, Menampilkan Godam dan Gundala

Cerita bermula dari kecerobohan sekelompok pemuda yang menerobos instalasi rahasia yang telantar di tengah hutan. Sebuah spesimen tanpa sengaja terlepas dari pengawetannya dan menjadi monster-monster mengerikan. Pihak militer meminta bantuan kepada kelompok superhero Patriot yang terdiri dari Godam, Gundala, Aquanus dan Maza.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sraten Komik Indonesia, 1996, Patriot Eksperimen-X.