Pasifik Games

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pasifik Games adalah ajang olahraga yang sangat mirip dengan Olimpiade (meskipun pada skala yang lebih kecil), dengan partisipasi secara eksklusif dari negara di Pasifik Selatan . Pasifik Games diadakan setiap empat tahun dan mulai tahun 1963 yang pertama kali diselenggarakan di Suva , Fiji.

Konsep[sunting | sunting sumber]

Ide memegang Selatan Permainan Pasifik berasal dengan Dr AH Sahu Khan yang merupakan salah satu perwakilan Fiji pada pertemuan Komisi Pasifik Selatan diadakan di Rabaul selama 1959. Ide ini diadopsi dan menyebabkan pertemuan sembilan Wilayah, yang diselenggarakan di Nouméa selama bulan Maret 1961, yang diberikan Fiji kehormatan pembawa Permainan pertama.

Pelaksanaan[sunting | sunting sumber]

Selama 1962, Uni Pasifik mendirikan Pasifik Selatan Games, dengan permainan yang pertama yang diadakan di Suva, Fiji. Dalam 40 tahun sejak, Games telah diselenggarakan di 12 negara dan wilayah di kawasan ini. Awalnya Games diadakan di tiga interval tahun meskipun ini kemudian diperluas ke empat setelah Tumon Games di Guam .

Sebagai konsekuensi sisa dari Eropa kolonisasi di Pasifik dari bagian awal abad 18 dan seterusnya, banyak negara yang berpartisipasi dalam Olimpiade pertama (dari 1963) berada di bawah terutama Inggris atau Perancis aturan teritorial. Maklum ini telah menghasilkan sejumlah kebingungan baik sebagai bendera Inggris dan Perancis dan lagu kebangsaan mendominasi proses dan yang kadang-kadang digunakan bersama-sama untuk negara-negara menang. Samoa Barat (sekarang Samoa ) adalah satu-satunya negara dengan bendera dan lagu dari kedaulatannya karena merupakan hanya berpartisipasi negara kepulauan independen pada waktu itu. Seiring berjalannya waktu, negara-negara yang masih muda secara bertahap mencapai kedaulatan mereka sendiri berusaha untuk melepaskan diri dari lagu-lagu nasional kolonial mereka masa lalu dan baru muncul dan bendera. Namun demikian, Inggris dan Perancis tetap menjadi bahasa resmi Olimpiade

Pranala luar[sunting | sunting sumber]