Partai Sosialis Britania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Partai Sosialis Britania (bahasa Inggris: British Sosialist Party) dahulu adalah sebuah partai politik di Britania Raya. BSP didirikan pada tahun 1911 di Manchester sebagai penyatuan dari Partai Sosial Demokratis dengan grup-grup Sosialis lainnya. BSP menjalankan agitasi yang berjiwa ide-ide Marxisme dan merupakan partai yang “tidak oportunis dan benar-benar bebas dari kaum Liberal” (Lenin). Tetapi Partai itu bersifat agak sektarian karena keanggotannya yang kecil dan hubungannya yang lemah dengan massa. Selama perang dunia imperialis di dalam Partai itu berlangsung perjuangan sengit antara aliran internasionalis (William Gallacher, Albert Inkpin, John McLean, F. Rothstein, dan lain-lain) dan aliran sosial-sovinis yang dikepalai oleh Hyndman. Di dalam aliran internasionalis terdapat elemen-elemen yang tidak konsekuen yang berpendirian sentris mengenai serentetan masalah.

Konferensi tahunan BSP yang berlangsung pada bulan April tahun 1916 di Salford mengecam pendirian sosial-sovinis dari Hyndman serta penganut-penganutnya dan mereka menarik diri dari Partai.

Partai Sosialis Britania menyambut Revolusi Sosialis Oktober Besar. Anggota-anggota BSP telah memainkan peranan besar dalam gerakan kaum pekerja Britania untuk membela Rusia Sovyet dari intervensi asing. Pada tahun 1919 kebanyakan mutlak dari organisasi-organisasi Partai (98 lawan 44) menyatakan masuk ke dalam Internasionale Komunis. Partai Sosialis Britania bersama dengan grup Persatuan Komunis memainkan peranan utama dalam pembentukan Partai Komunis Britania. Pada Kongres fusi yang petama yang berlangsung pada tahun 1920, kebanyakan mutlak organisasi-organisasi setempat BSP meleburkan diri ke dalam Partai Komunis.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]