Partai Komunis India (Maois)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Partai Komunis India (Maois)
Ketua umumMuppala Lakshmana Rao
Dibentuk21 September 2004
Dilarang22 Juni 2009
Digabungkan dari • Partai Komunis India (Marxis–Leninis) Perang Rakyat
 • Pusat Komunis Maois India
 • Partai Komunis India (Marxis–Leninis) Naxalbari
IdeologiMarxisme–Leninisme–Maoisme
Komunisme
Anti-revisionisme
Posisi politikKiri jauh
Bendera
Situs web
People's March

Partai Komunis India (Maois) atau Communist Party of India (Maoist) adalah sebuah partai politik Maois di India yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan India melalui cara-cara kekerasan. Partai ini didirikan pada tanggal 21 September 2004, melalui penggabungan Partai Komunis India (Marxis–Leninis) Perabg Rakyat (Kelompok Perang Rakyat), dan Pusat Komunis Maois India (MCCI). Penggabungan ini diumumkan kepada publik pada 14 Oktober 2004. Dalam penggabungan sebuah komite sentral sementara dilantik, dengan mantan pemimpin Kelompok Perang Rakyat Muppala Lakshmana Rao, alias "Ganapathi", sebagai Sekretaris Jenderal.

Partai Komunis India (Maois) sering disebut sebagai Naxalite dalam referensi ke pemberontakan Naxalbari yang dilakukan oleh Maois radikal di Benggala Barat pada tahun 1967.

Pada tahun 2006, Perdana Menteri Manmohan Singh mengacu pada Naxalite sebagai "tantangan keamanan internal terbesar yang pernah dihadapi oleh negara kita." Pemerintahan India, yang dipimpin oleh Aliansi Progresif Bersatu, melarang Partai Komunis India (Maois) di bawah Undang-Undang Kegiatan Melanggar Hukum (Pencegahan) (UAPA) sebagai organisasi teroris pada 22 Juni 2009. Pada Juni 2010, pemerintah India telah mengidentifikasi 83 kabupaten di sembilan negara bagian sebagai "Naxalit".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]