Gereja Santo Hieronimus, Tanjung Hulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santo Hieronimus, Tanjung Hulu
LokasiJl. Trans Kalimantan No. 113,
(Jl. Ya' M. Sabran),
Tanjung Hulu[1] Pontianak Timur, Pontianak,
Kalimantan Barat
Situs webhttps://humashieronimus.wordpress.com/
Sejarah
Didirikan1 Januari 2000[1]
DedikasiSanto Hieronimus
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Pontianak
Imam yang bertugasPastor Ligorius, CP
Imam rekanPastor ILWAN,CP

Paroki Santo Hieronimus Tanjung Hulu adalah paroki dari Gereja Katolik Roma di Keuskupan Agung Pontianak. Pusat Paroki Tanjung Hulu terletak di di Kelurahan Tanjung Hulu - Kecamatan Pontianak Timur, di Kota Pontianak - Kalbar. Saat ini Paroki Tanjung Hulu dilayani oleh para imam dari Kongregasi Pasionis (CP).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja St. Hieronimus pada awalnya merupakan sebuah kapel, dengan nama Kapel Kanaan, yang secara administratif berada di wilayah Paroki Gembala Baik, Pontianak. Lokasinya di Jalan Tekam, komplek Perumnas III dimana waktu itu mampu mengakomodir sekitar 100 umat Katolik yang tinggal di sekitar wilayah Kecamatan Pontianak Timur, Pontianak.

Namun seiring semakin bertambahnya umat Katolik di Kecamatan Pontianak Timur, maka tuntutan untuk tersedianya gereja yang lebih representatif semakin mendesak. Melalui perjuangan beberapa tokoh umat dan berbagai pihak, akhirnya gereja yang dimimpikan oleh warga Katolik, khususnya di Pontianak Timur, dapat terwujud. Kapel Kanaan bertransformasi menjadi gereja dengan nama pelindung Santo Hieronimus, yang kemudian terbentuk menjadi wilayah paroki sendiri yaitu Paroki Tanjung Hulu - Sto. Hironimus.

Pada perayaan Natal tanggal 25 Desember 2003 Gereja Sto. Hironimus diresmikan dan diberkati oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Hieronymus Herculanus Bumbun, OFM. Cap. Sedangkan secara nasional, gereja Paroki St. Hironimus diresmikan pada tanggal 14 Januari 2004 oleh Wali kota Pontianak, dr. Buchari A. Rachman.[2]

Jadwal Misa[sunting | sunting sumber]

Jadwal misa di Gereja Paroki Santo Hieronimus:[3]

  • Misa Harian: pk. 05.45 WIB
  • Misa Jumat Pertama: pk. 19.00 WIB
  • Misa Minggu: pk. 06.30, 08.30, 18.00 WIB

Referensi[sunting | sunting sumber]