Parlemen Thailand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Parlemen Thailand (bahasa Thai: รัฐสภา, Rathasapha) adalah cabang legislatif pemerintahan Thailand. Parlemen Thailand menggunakan sistem dua kamar dan terdiri dari Senat (วุฒิสภา, Wuthisapha) dan Dewan Perwakilan (สภาผู้แทนราษฎร, Saphaputhan Ratsadon).

Masa bakti setiap anggota Senat adalah enam tahun. Pra-kudeta militer pada September 2006, Senat terdiri dari 200 anggota non-partai dengan kekuatan legislatif yang terbatas. Anggota-anggota tersebut mewakili distrik-distrik pemilihan dan dipilih langsung. Setiap provinsi memiliki setidaknya seorang senator. Pasca-2006, Senat terdiri dari 150 anggota—76 dipilih langsung untuk masing-masing mewakili sebuah provinsi, sementara sisanya dipilih dari calon-calon yang dinominasikan dari sektor akademis, publik, swasta, profesional, dan sektor-sektor lainnya oleh Komite Pemilihan Senat.

Masa bakti setiap anggota Dewan Perwakilan adalah empat tahun. Pra-2006, Dewan Perwakilan terdiri dari 500 anggota—400 dipilih langsung dari distrik pemilihan dan sisanya berasal dari nama-nama yang diajukan partai. Pasca-2006, anggota yang diajukan partai berkurang menjadi 80 orang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]