Pariwisata di Nepal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pariwisata adalah industri terbesar di Nepal, dan sumber terbesar devisa dan pendapatan Nepal. Memiliki 8 dari 10 gunung tertinggi di dunia, Nepal adalah tujuan awal untuk para pendaki gunung, pemanjat tebing dan orang-orang mencari petualangan. Warisan Hindu dan Buddha dari Nepal, dan cuaca dingin juga atraksi yang cukup menarik.

Tinjauan[sunting | sunting sumber]

Nepal adalah negara di mana Gunung Everest, puncak gunung tertinggi di dunia, berada. Pendakian gunung dan jenis-jenis wisata petualangan dan ekowisata merupakan atraksi penting bagi pengunjung. Warisan dunia Lumbini, tempat kelahiran Buddha Gautama, terletak di selatan Nepal, dan ada lainnya situs ziarah penting agama di seluruh negeri.

Namche Bazaar, gerbang ke Gunung Everest di bawah salju. Pemerintah Nepal menyatakan 2011 menjadi Tahun Pariwisata Nepal, dan berharap untuk menarik satu juta wisatawan asing ke negara selama tahun itu.[1] Industri pariwisata dipandang sebagai cara untuk mengurangi kemiskinan dan mencapai keadilan sosial yang lebih besar di negara itu. Pemerintah Nepal juga telah menyatakan tahun 2012 sebagai Tahun Pariwisata Lumbini untuk mempromosikan Lumbini - tempat kelahiran Sang Buddha.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nepal aims to attract 1 mln foreign tourists next year Xinhua News Agency, accessed 21 November 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]