Pariwisata di Korea Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menara Juche adalah aktraksi wisatawan di Pyongyang

Pariwisata di Korea Utara diselenggarakan oleh salah satu dari beberapa biro pariwisata milik pemerintah, termasuk: Korea International Travel Company (KITC), Korean International Sports Travel Company (KISTC) dan Korean International Youth Travel Company (KIYTC). Pariwisata di Korea Utara sangat dikendalikan oleh pemerintah, yang merupakan salah satu alasan itu bukanlah tujuan yang sering dikunjungi - antara 3.000 sampai 4.000 turis Barat mengunjungi Korea Utara setiap tahun, bersama dengan ribuan orang Asia.[1] Wisatawan harus pergi pada tur berpemandu dan merek harus mempunyai pemandu wisata dan bersama dengan mereka setiap saat. Hingga Juni 2011, perbatasan utara ke Cina telah dibuka dan warga Cina secara bebas untuk mengemudi kendaraan mereka sendiri ke Luo, perbatasan kecil Korea Utara di wilayah timur laut di mana mereka bebas untuk mengeksplorasi, berbaur dan memotret. Hal ini dipandang sebagai langkah pertama menuju pariwisata diperluas dan pembangunan di daerah itu. Fotografi secara ketat dikontrol, seperti interaksi dengan penduduk setempat.[1]

Visa[sunting | sunting sumber]

Monumen Partai Pekerja Korea

Pada prinsipnya, setiap orang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke Korea Utara, dan hanya warga Korea Selatan dan wartawan secara rutin ditolak. Agen perjalanan khusus dapat membantu pengunjung yang potensial melalui proses birokrasi. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan di luar daerah tur yang ditunjuk tanpa pemandu Korea mereka.[1] Sebelum tahun 2010,[2] wisatawan pemegang paspor Amerika Serikat tidak dijamin akan mendapatkan visa, kecuali selama pertandingan olahraga Festival Arirang (아리랑 축제).[3] Warga negara Amerika Serikat, wartawan, dan warga negara dari negara lainnya akan diberi izin khusus sebagai anggota dari Korean Friendship Association dan Choson Exchange.[4] Warga Korea Selatan memerlukan izin khusus dari kedua pemerintah untuk memasuki Korea Utara, dan biasanya izin tersebut tidak diberikan untuk pariwisata biasa kecuali di daerah-daerah wisata khusus yang ditujukan untuk warga Korea Selatan.

Hanya warga negara Malaysia yang dapat memasuki Korea Utara tanpa visa.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Danau Surga di perbatasan antara Cina dan Korea Utara

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c McGeown, Kate (2003-09-17). "On holiday in North Korea". BBC News. Diakses 2008-01-04. 
  2. ^ Anderson, Chris (2010-01-15). "Visit anytime! North Korea lifts restrictions on U.S. tourists". CNNGo. Diakses 2010-01-21. 
  3. ^ "US tourists can visit DPRK for mass games". People's Daily Online. 2005-09-23. Diakses 2008-09-16. 
  4. ^ "Choson Exchange FAQ". 
  5. ^ "Only Malaysians can visit North Korea without visa". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]