Paranormal Activity: The Marked Ones

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paranormal Activity: The Marked Ones
Poster rilis teater
SutradaraChristopher B. Landon
Produser
Ditulis olehChristopher B. Landon
Berdasarkan
Paranormal Activity
oleh Oren Peli
Pemeran
SinematograferGonzalo Amat
PenyuntingGregory Plotkin
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 3 Januari 2014 (2014-01-03) (Amerika Serikat)
Durasi84 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$5 - 9.2 juta[2]
Pendapatan
kotor
$90.9 juta

Paranormal Activity: The Marked Ones merupakan sebuah film found footage horor supernatural Amerika Serikat tahun 2014 yang ditulis dan disutradarai oleh Christopher Landon. Dirilis pada tanggal 3 Januari 2014 di Amerika Serikat, film ini merupakan film kelima dari seri film Paranormal Activity. Film ini juga merupakan film kedua yang disutradarai oleh Landon, setelah Burning Palms. Paranormal Activity: The Marked Ones mendapat ulasan beragam dari para kritikus dan meraup $90 juta di seluruh dunia.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2012, Jesse Arista yang baru lulus SMA berusia 18 tahun tinggal bersama ayahnya, Cesar, saudara perempuannya Evette, dan neneknya Irma di Oxnard, California. Di apartemen di bawahnya tinggal seorang wanita misterius bernama Ana Sanchez, yang diyakini semua orang sebagai penyihir. Ketika Ana ditemukan terbunuh, Jesse dan sahabatnya Hector Estrella melihat teman sekelasnya, Oscar Lopez, lari dari tempat kejadian. Keduanya menyelidiki apartemen di mana mereka menemukan benda-benda ilmu hitam, kaset VHS, dan sebuah jurnal mantra yang dapat "membuka pintu ke tempat-tempat yang tidak suci".

Setelah Jesse, Hector dan teman mereka, Marisol Vargas, mencoba sebuah ritual, kejadian-kejadian paranormal terjadi di apartemen Jesse. Suatu malam, ketiganya berkomunikasi dengan entitas yang tidak dikenal melalui sebuah game. Jesse menemukan bekas gigitan misterius di lengannya dan menemukan bahwa ia memiliki kemampuan manusia super seperti peningkatan kekuatan dan melayang. Di sebuah pesta, Jesse membawa seorang gadis ke apartemen Ana untuk melakukan hubungan seks dan bertemu dengan Oscar, yang membuat gadis itu takut, dan memiliki mata hitam dan bekas gigitan yang sama di lengannya. Oscar mengatakan kepada Jesse bahwa hanya masalah waktu sebelum "sesuatu di dalam diri mereka" akan mengambil alih, dan mereka akan menyakiti orang-orang yang mereka cintai sebelum menghilang. Oscar kemudian melakukan bunuh diri dengan melompat dari gedung.

Kelompok ini menemukan pintu jebakan di apartemen Ana, di mana mereka menemukan altar penyihir dan foto-foto Jesse, ibunya yang sedang hamil, Ana, Oscar, dan Lois. Jesse terpikat ke pintu jebakan pada suatu malam dan bertemu dengan versi muda dari Katie dan Kristi, keduanya bermata hitam, sebelum diserang oleh kekuatan yang tidak diketahui.

Jesse berangsur-angsur menjadi gelap, ingin bunuh diri, dan kejam, yang mengganggu Hector dan Marisol, yang bertemu dengan Arturo, saudara laki-laki Oscar yang kriminal. Arturo mengatakan kepada mereka bahwa Oscar berhubungan dengan Ali Rey, yang telah meneliti setan setelah ayahnya Daniel dan ibu tirinya Kristi terbunuh dan saudara tirinya diculik oleh Katie yang kerasukan. Ali mengatakan kepada mereka bahwa Jesse telah "ditandai" oleh kelompok penyihir di seluruh dunia yang disebut "The Midwives", yang telah mencuci otak para wanita untuk menyerahkan putra sulung mereka untuk menciptakan pasukan pemuda yang kerasukan. Ali memberi mereka sebuah alamat di mana ritual terakhir seharusnya dilakukan dan memperingatkan bahwa Jesse tidak akan ada lagi jika iblis itu benar-benar memakannya dan ritual selesai.

Irma didorong menuruni tangga oleh Jesse dan dibawa ke rumah sakit. Jesse menyerang Hector, tetapi Marisol membuatnya pingsan. Ketika mereka berusaha pergi, sebuah van menabrak mobil mereka, dan Jesse diculik. Hector dan Marisol, Arturo, dan temannya Santo pergi ke alamat tersebut, yang ternyata adalah rumah Rumah Lois. Di taman, anggota coven bergegas masuk untuk menyerang namun Arturo menembak mereka saat Hector dan Marisol berlari ke dalam dan tidak mengetahui nasib Arturo. Mereka menemukan Santo tewas dan Marisol juga terbunuh. Hector bertemu dengan sosok yang menyerupai Ana dan dikejar oleh Jesse yang kerasukan. Dia melarikan diri ke sebuah ruangan dan menutup pintunya namun Jesse mendobraknya, memaksa Hector untuk melewati sebuah pintu coklat yang ditandai dengan aneh.

Pintu yang dilaluinya membuat Hector kembali ke masa lalu ke rumah tangga Katie dan Micah. Hector melihat Katie pergi ke dapur. Setelah gagal menarik perhatiannya, Katie berbalik untuk melihat Hector dan berteriak memanggil Micah, yang mengira Hector adalah penyusup dan menanganinya, tetapi Katie dengan kejam menikam Micah hingga tewas dengan pisau dapur, yang merupakan akhir dari film pertama. Hector mencoba melarikan diri dari rumah, hanya untuk diserang dan mungkin dibunuh oleh setan Jesse, saat kamera jatuh ke lantai. Setelah beberapa saat hening, seorang penyihir mengambil kamera dan mematikannya.

Ending asli:

Film dokumenter waralaba ini mengungkapkan akhir cerita aslinya, yang diubah ketika mereka memilih untuk memfilmkan akhir cerita baru di rumah yang sama yang muncul di akhir Paranormal Activity 3 (2011). Itu terjadi setelah Jesse dirobohkan oleh Hector dan Marisol. Mereka meminta bantuan Arturo dan membawanya ke sebuah gereja, di mana mereka seharusnya berhasil mengusir setan Jesse, setelah itu mereka diserang oleh anggota coven. Akhir cerita diakhiri dengan Jesse dan Hector yang melihat api kecil yang muncul dari dalam gereja.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Andrew Jacobs sebagai Jesse
  • Richard Cabral sebagai Arturo
  • Carlos Pratts sebagai Oscar Hernandez
  • Gabrielle Walsh sebagai Marisol
  • Jorge Diaz sebagai Hector
  • Catherine Toribio sebagai Penelope
  • Noemi Gonzalez sebagai Evette
  • Gigi Feshold sebagai Natalie
  • David Saucedo sebagai Cesar Arista
  • Julian Works sebagai Pablo
  • Molly Ephraim sebagai Ali Rey
  • Katie Featherston sebagai Katie
  • Jessica Tyler Brown sebagai Young Kristi
  • Micah Sloat sebagai Micah

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan penulisan[sunting | sunting sumber]

Film ini direncanakan akan tayang pada bulan Juni 2012, namun diumumkan pada bulan April 2012, dan pertama kali diisyaratkan dalam adegan pasca-kredit Paranormal Activity 4, sebuah adegan yang hanya ditampilkan di bioskop. Meskipun film ini ditargetkan untuk pasar Latin, sebagian besar dialognya tidak menggunakan bahasa Spanyol. Christopher Landon, yang menulis skenario untuk Disturbia tahun 2007, serta tiga sekuel Paranormal Activity, diumumkan untuk menulis dan menyutradarai proyek ini, yang telah digambarkan sebagai sepupu atau ese untuk seri ini dibandingkan dengan sekuel, prekuel, atau reboot secara langsung. Film ini mempertahankan tampilan rekaman yang ditemukan, sebuah gaya yang digunakan di seluruh seri Paranormal Activity.[3]

Pembuatan film[sunting | sunting sumber]

Syuting selesai pada akhir Juli, setelah produser Jason Blum mengkonfirmasi bahwa film ini hampir selesai syuting. Hal ini mengakibatkan tanggal rilis film ini diundur dari 25 Oktober 2013 menjadi 3 Januari 2014.

Kampanye[sunting | sunting sumber]

Studio ini mengadakan promosi bagi para pengguna untuk merekam reaksi mereka terhadap sebuah video di situs untuk mendapatkan kesempatan memenangkan konsol Xbox One.[4][5][6]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Paranormal Activity: The Marked Ones dirilis pada tanggal 3 Januari 2014, di bioskop-bioskop A.S., Meksiko, dan Kanada.[7] Tanggal perilisannya diundur ke bulan Januari karena proses produksinya yang lebih lama dan lebih besar.

Home media[sunting | sunting sumber]

Versi yang tidak diberi rating/ diperpanjang, bersama dengan potongan teatrikal, "The Marked Ones" dirilis dalam bentuk DVD, Blu-ray, dan Digital HD pada tanggal 8 April 2014. Potongan yang tidak diberi peringkat kira-kira 17 menit lebih lama.[8] Film ini meraup keuntungan sebesar $ 2.6 juta dari penjualan toko film rental[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Paranormal Activity: The Marked Ones (2014)". AFI Catalog of Feature Films. Diakses tanggal August 16, 2021. 
  2. ^ Faughnder, Ryan (January 2, 2014). "'Paranormal Activity: Marked Ones' may scare off 'Smaug,' 'Frozen'". Los Angeles Times. 
  3. ^ Taylor, Drew. "The First Trailer for Paranormal Activity: The Marked Ones Will Freak You Out". Movie Fone. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 26, 2014. Diakses tanggal October 21, 2013. 
  4. ^ "Paranormal Activity: The Marked Ones | Trailer & Movie Site | 2014". web.archive.org. 2014-06-26. Diakses tanggal 2023-11-21. 
  5. ^ "Are You Marked?". web.archive.org. 2014-03-31. Diakses tanggal 2023-11-21. 
  6. ^ "Are You Marked?". web.archive.org. 2014-05-04. Diakses tanggal 2023-11-21. 
  7. ^ "Paranormal Activity: The Marked Ones Global Sites and Release Dates". Paramount Pictures. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2013. Diakses tanggal October 21, 2013. 
  8. ^ "'Paranormal Activity: The Marked Ones [Extended Feature]". British Board of Film Classification. March 27, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2019. Diakses tanggal August 26, 2020. 
  9. ^ "Paranormal Activity: The Marked Ones (2014) - Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal 2023-08-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]