Papat Limpad 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Papat Limpad 2012
Poster Papat Limpad 2012

Papat Limpad 2012 yaitu istilah dalam Bahasa Jawa yang maknanya Empat Terhebat sebagai ajang kompetisi menulis di situs Wikipedia Bahasa Jawa. Kompetisi ini diikuti oleh para mahasiswa Jurusan Sastra Jawa dari universitas-universitas di Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta[1]. Ketahanan para peserta akan diuji selama tujuh bulan (September 2012 - April 2013). Melalui kompetisi ini diharapkan akan terjadi penambahan jumlah dan kualitas artikel berbahasa Jawa di situs Wikipedia bahasa Jawa. Para pemenang kompetisi ini akan mendapatkan apresiasi berupa komputer laptop dan sertifikat dari Wikimedia Indonesia. Kompetisi Papat Limpad 2012 ini didukung dengan dana bersama Wikimedia Indonesia, Wikimedia Perancis, dan Wikimedia Swiss[2].

Kompetisi menulis[sunting | sunting sumber]

Kompetisi menulis ini dirancang sebagai acara terintegrasi berupa pelatihan, uji katahanan dan upaya penambahan artikel dengan kualitas artikel berbahasa Jawa di ranah internet. Kompetisi ini diselenggarakan sebagai upaya membebasakan pengetahuan supaya bisa dipakai oleh masyarakat dengan bebas.

Kompetisi yang berlangsung tujuh bulan ini dirancang sebagai sasana pelatihan yang akan memacu penulis-penulis bahasa Jawa mengumpulakan dan menulisakan informasi. Diharapkan akan terjadi penambahan penulis-penulis baru bahasa Jawa, artikel-artikel berbahasa Jawa di Indonesia bisa lebih banyak dan memberikan aksès pengetahuan terhadap penutur bahasa Jawa yang mencari informasi melalui internet. Oleh sebab itu, gaya penulisan para peserta, selain diwajibkan menurut kaidah bahasa Jawa yang baik dan benar, harus menggunakan gaya ensiklopedis dan mudah dimengerti oleh orang banyak sacara umum.

Karya dan aktivitas para peserta akan dinilai secara periodik oleh para juri yang terdiri dari gabungan panitia, dan Wikipedia Bahasa Jawa. Kompetisi ini dimulai dengan pelatihan terhadap para peserta sehingga bisa menulis menurut standar kompetisi Wikimedia Indonesia.

Peluncuran kompetisi[sunting | sunting sumber]

Kompetisi menulis Papat Limpad diluncurkan tanggal 7 Mèi 2012 di kampus IKIP PGRI Semarang, dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa dan dosen pendamping wakil-wakil dari perguruan tinggi yang ikut mendukung proyèk ini yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta dan sebagai tuan rumah IKIP PGRI Semarang [3]. Kompetisi sacara resmi dibuka oleh Direktur Jendral Komunikasi dan Informasi Publik yang bertindak mewakili Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah sebagai wakil dari Gubernur Jawa Tengah. Dari Jakarta selain para pemuka Wikimedia Indonesia juga hadir Duta Bebaskan Pengetahuan Wikimedia Indonesia, Christian Sugiono.

Sebelum acara peluncuran secara resmi diadakan upacara penandatangan Memorandum of Understanding antara Wikimedia Indonesia dan IKIP PGRI Semarang sebagai simbol kerjasama dalam proyek kompetisi ini. Acara penandatanganan dengan perguruan tinggi lainnya dijadwalkan bertempat di kampus tiap perguruan tinggi peserta. Dalam acara peluncuran tersebut para pemuka juga memberikan sambutan mengenai kerjasama yang tidak saja penting bagi Wikimedia Indonesia tetapi juga penting bagi perguruan tinggi yang ikut mendukung serta para mahasiswa yang jadi peserta kompetisi.

Pada penghujung lomba ini ditambahkan pula satu jenis kompetisi berbeda, yaitu kompetisi menulis dengan tema Perancis dengan menawarkan hadiah berupa uang tunai sebesar 5oo Euro hibah dari Wikimedia Perancis.

Pelatihan[sunting | sunting sumber]

Pelatihan terhadap para peserta kompetisi dilakukan sedikitnya tiga kali dengan mendatangkan para pelatih di kampus masing-masing perguruan tinggi.

Hasil kompetisi[sunting | sunting sumber]

Setelah berjalan selama tujuh bulan kompetisi ini ditutup dengan penyerahan hadiah berupa laptop dan sertifikat kepada para pemenang kompetisi.

Perguruan tinggi peserta[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan proyek sebelumnya yaitu Papat Limpad 2011 yang hanya mengajak satu perguruan tinggi saja yaitu Universitas Negeri Semarang, Papat Limpad 2012 merangkul lebih banyak perguruan tinggi dari Jakarta, Semarang dan Yogyakarta. Yang ikut serta dalam proyek kompetisi menulis di berbahasa Jawa Papat Limpad 2012 ini yaitu: IKIP PGRI Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Didukung oleh[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]