Papan tulis interaktif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Papan tulis interaktif adalah papan tulis digital yang memiliki layar sensitif bila disentuh dan bekerja mirip dengan sistem komputer, karena papan tulis ini dapat menyimpan informasi yang pernah ditulis diatasnya. Papan tulis interaktif adalah salah satu aplikasi teknologi layar sentuh (touchscreen).

Papan tulis interaktif banyak digunakan sebagai media presentasi. Teknologi papan tulis interaktif memungkinkan terjadinya perekaman presentasi dan pengoreksian apabila terjadi kesalahan. Papan tulis interaktif juga dapat melakukan ”Presentasi Konferensi”, yaitu presentasi yang dapat berlangsung bersamaan di dua lokasi atau lebih. Dalam Presentasi Konferensi, pengoreksian terhadap presentasi yang berlangsung dapat dilakukan melalui media Papan Tulis Interaktif.

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Papan tulis interaktif bekerja layaknya PC/laptop. Papan tulis akan dihubungkan ke suatu layar/LCD yang lebih besar(proyektor). Cara mengoperasikan dengan alat yang dikenal sebagai pena tanpa tinta. Pena tanpa tinta sebagai mouse (dalam laptop) dan LCD pada papan tulis interaktif sebagai layar monitor. Pena tanpa tinta sebagai alat tulis di sini memiliki dua fungsi. Pertama, pena diprogram dapat menampilkan warna yang berbeda (layaknya pena biasa), antara lain biru, hitam, merah, dan hijau. Kedua, pena juga berfungsi sebagai penghapus. Ketika telah tersambung dengan komputer dan proyektor, papan tulis ini dapat langsung bekerja.

Papan Tulis Interaktif, merupakan sebuah papan tulis besar yang menggunakan teknologi sentuh untuk mendeteksi input pengguna (misalnya interaksi bergulir) yang setara dengan perangkat input PC biasa, seperti mouse atau keyboard. Sebuah proyektor digunakan untuk menampilkan video output komputer ke papan tulis, yang kemudian bertindak sebagai layar sentuh besar. Papan tulis interaktif biasanya telah disediakan pula alat-alat tulis digital yang menggunakan pena tanpa tinta atau pena digital, menggantikan alat tulis papan tulis tradisional, spidol. Pena tanpa tinta ini bekerja dengan menggunakan digitizer aktif yang mengontrol PC/laptop guna masukan informasi untuk kemampuan menulis seperti menggambar atau tulisan tangan.

Ada juga tombol yang meluncurkan popup keyboard dan mouse kanan menu klik untuk lebih banyak pilihan input. Papan tulis interaktif biasanya dipasang di dinding atau lantai berdiri dan digunakan agar dapat difungsikan oleh seseorang.

Perangkat Lunak notebook[sunting | sunting sumber]

Perangkat lunak notebook adalah bentuk pengiriman konten yang memberikan akses bagi pengguna secara interaktif, konten multimedia dan alat untuk mengedit, menyimpan dan berbagi konten. Perangkat lunak notebook juga memiliki fitur pengenalan tulisan tangan yang mengkonversi tulisan tangan menjadi teks. Cara kerja dari perangkat lunak notebook dengan membagi layar menjadi dua bagian: ruang penulisan dan kolom tab. Ada tiga tab: Halaman Sorter, untuk melihat dan mengatur halaman thumbnail Notebook; Galeri, untuk mengakses dan menyimpan gambar, suara, film, animasi dan file teks, dan Lampiran, untuk memasang file, cara pintas, dan link yang kemudian dapat diakses selama presentasi. Pengguna perangkat lunak notebook dapat membuat halaman multi-dokumen dan presentasi interaktif dengan menyeret konten dan halaman antara ruang dan ruang penulisan tab tanpa meninggalkan aplikasi. Pengguna dapat membuat konten mereka sendiri, atau menggunakan konten dari galeri. Perangkat lunak inilah yang mengatur bagaimana kinerja dari papan tulis interaktif, bagaimanasistem operasi yang bekerja.

Teknologi Resititif[sunting | sunting sumber]

Papan tulis interaktif adalah suatu teknologi yang resititif. Papan tulis interaktif terdiri dari halaman depan dari plastik yang fleksibel dan sebuah papan keras. Punggung dari halaman fleksibel ini dan bagian depan dari papan tulis masing-masing terdiri dari film yang resititif. Bagian resititif ini dipisahkan oleh ruang udara selebar kurang lebih 1 inci. Tekanan yang ada di halaman depan ketika menuliskan sesuatu akan mengurangi jarak pisah,sehingga sinyal berupa kode akan diterima dari pusat data dan kemudian dikirim ke komputer tempat presentasi (misal) dilakukan. Proses ini dapat dilakukan menggunakan jari, pena tanpa tinta, atau alat lainnya yang mendukung.

Fitur-fitur[sunting | sunting sumber]

Papan tulis interaktif memiliki beberapa fitur dalam penggunaannya, antara lain:

  • Perangkat lunak yang memiliki kemampuan perekaman selama proses presentasi berlangsung. Perekaman yang dilakukan antara lain suara pelaku presentasi (presenter), juga materi-materi presentasi, baik yang sudah ada, atau yang telah mengalami proses pengeditan.
  • Kemampuan melakukan Konferensi Presentasi
  • Teknologi zoom interaktif
  • Karena teknologi tinggi yang terdapat di dalamnya, ia mampu mengubah tulisan tangan menjadi tulisan teks pada layar komputer (LCD). Ketika ingin mengubah, mengedit presentasi, data, dll, dapat dilakukan langsung pada layar LCD papan tulis interaktif, tanpa harus menggunakan PC/laptop.
  • Selain menjadi teks, papan tulis juga dapat mengubah tulisan tangan ke bentuk gambar. Misalnya, berupa tanda tangan. Bisa langsung pada layar LCD papan tulis interaktif tanpa harus mencetak terlebih dahulu dokumen presentasi tersebut.
  • Teknologi Sistem Pemotongan. Sistem ini mampu memotong suatu tulisan yang ada dalam layar LCD papan tulis interaktif.

Teknologi Digital Lihat-Sentuh[sunting | sunting sumber]

Teknologi ini dikenal dengan nama touchscreen. Papan tulis interaktif menggunakan teknologi ini dimana pengguna dapat menyentuh muka (layar) papan tulis untuk mengontrol segala aplikasi yang ada pada komputer atau menulis di layar tersebut. Kamera digital (dalam layar papan tulis interaktif) dan perangkat lunak di dalamnya dapat mendeteksi setiap sentuhan jari atau pena tanpa tinta yang digunakan dan ia akan diubah secara otomatis menjadi layaknya mouse di komputer.

Pena Tanpa Tinta[sunting | sunting sumber]

Pena tanpa tinta merupakan alat tulis yang digunakan untuk pengoperasian papan tulis interaktif. Pena tanpa tinta yang digunakan memiliki komponen elektronik tertentu, bukan tinta. Ketika pena tersebut dipindah, sensor optis akan mengakui keberadaannya. Setiap goresan dari pena tinta akan muncul dalam layar yang terhubung dengan komputer (LCD). Perangkat lunak dari papan tulis interaktif telah memiliki kemampuan untuk membedakan warna yang muncul dari pena tersebut. Warna itu antara lain hitam, biru, merah, dan hijau. Pena dapat digunakan sesuai dengan warna yang diinginkan ketika ia dipindah dari slot-nya masing-masing. Selain warna, pena juga berfungsi sebagai penghapus ketika posisinya diubah. Pena ini juga terdiri dari dua tombol, jika pengguna menekannya maka fungsi yang akan muncul adalah copy, cut, paste, select all, dan sebagainya.

Perangkat Lunak[sunting | sunting sumber]

Beberapa perangkat lunak dari sistem operasi yang digunakan oleh papan tulis interaktif antara lain adalah Windows XP, Mac, Linux, Solaris, dan SGI (IRIX).

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Peralatan papan tulis interaktif terdiri dari tombol start, lampu penanda (spotlight), layar, keyboard, perangkat lunak, video player dan perekam. Fungsi kamera untuk mendokumentasikan gambar dan mengaplikasikannya ke bagian papan tulis interaktif. Suatu peralatan papan tulis interaktif memampukan pengguna untuk menulis di atas papan dengan menggunakan pena, kemudian memperlihatkannya di layar.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Papan tulis interaktif dapat bekerja dengan perangkat lunak yang tersedia dalam komputer, laptop atau PC, yang telah dihubungkan sebelumnya ke papan tulis interaktif tersebut. Aplikasi yang biasa digunakan antara lain Microsoft PowerPoint, Excel, Word, dan AutoCAD.

Pranala[sunting | sunting sumber]