Pantai Ombak Mati Bondo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pantai Ombak Mati
Pantai Ombak Mati Bondo di Indonesia
Pantai Ombak Mati Bondo
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara
Negara  Indonesia
Koordinat 6°07′36″S 110°24′00″E / 6.1268°S 110.400°E / -6.1268; 110.400Koordinat: 6°07′36″S 110°24′00″E / 6.1268°S 110.400°E / -6.1268; 110.400
Pengelola Pemdes Bondo
Jenis objek wisata Wisata pantai
Gaya Alami
Fasilitas  • Taman Bunga
 • Dermaga
 • Kid's Park
 • Penginapan
 • Warung Makan
 • Tempat Sampah
 • Mushola

Pantai Ombak Mati merupakan objek wisata[1] pantai yang terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Banyak yang mengira Pantai Ombak Mati dan Pantai Bondo itu sama, bahwa sesungguhnya Pantai Bondo dan Pantai Ombak Mati berbeda, dan letaknya kedua pantai tersebut berjarak ± 1 KM, meskipun kedua pantai tersebut masih berada di satu desa yaitu Desa Bondo.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Pantai ini di beri nama Pantai Ombak Mati dikarenakan ombak di pantai ini hampir sama sekali tidak ada.[2] Oleh karena itu diberi nama Pantai Ombak Mati, Maka pantai ini memiliki suasana yang sangat lengang. Namun demikian, adakalanya Anda bisa menemukan ombak yang cukup besar pada pantai ini, yaitu pada saat musim barat. Datangnya ombak tersebut tidak berlangsung lama, dan pantai pun kembali lengang. Suasana pantai ini juga masih sangat sepi, tetapi demikian masyarakat sekitar pantai ini sepertinya telah siap menerima turis lokal maupun mancanegara.

Letak[sunting | sunting sumber]

Pantai Ombak Mati ini berlokasi di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, ± 17 KM dari pusat Kota Jepara. Pantai sepanjang ± 2 km berpasir putih dan di sekitar pantai banyak pohon peneduh yang didominasi jenis pandan. Selain Pantai Ombak Mati, di Desa Bondo juga terdapat Pantai Bondo. Jarak Pantai Ombak Mati dengan Pantai Bondo ± 1 KM.

Masih Alami[sunting | sunting sumber]

Pantai ini masih alami serta cukup sepi[3] dan tenang.[3] Kita bisa menikmati keindahan pantai tanpa harus mendengar hiruk-piruk wisatawan lainnya.

Pengembangan dan Pembangunan Pantai Ombak Mati mengusung tema Pantai Alami, Sehingga tidak ada bangunan semen (permanen) di atas pantai. Walupun ada bangunan permanen hanyalah bangunan Gazebo Khas Jepara (dengan genting wuwungan khas Jepara), Tempat duduk, serta Gapura Candi Bentar Khas Jepara berukuran besar (sebagai pintu masuk) dari area parkiran menuju pantai, dan Umbul-umbul warna biru muda. Sedangkan Warung makan diletakan di Tempat Parkir Sepeda Onthel, Motor, Mobil.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Pada saat musim barat ombaknya cukup besar, tetapi setelah itu airnya tenang dan jernih. Didukung lautnya yang dangkal, lokasi ini sangat baik untuk mandi laut. Dari pantai ini dapat terlihat jelas PLTU Tanjung Jati B yang begitu megah. Di sebelah utara PLTU terdapat karang dalam seluas ratusan km2 dengan kedalaman 35 m – 50 m dengan bermacam jenis ikan sangat pas untuk yang hobi memancing.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]