Pantai Carita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pantai Carita
Sambolo-carita.jpg
Pantai Sambolo Carita Banten
Pantai Carita is located in Indonesia
Lokasi di Indonesia
Informasi tempat wisata
Lokasi Kabupaten Pandeglang, Banten
Negara  Indonesia
Koordinat 6°17′LS 105°50′BT / 6,29°LS 105,84°BT / -6.29; 105.84Koordinat: 6°17′LS 105°50′BT / 6,29°LS 105,84°BT / -6.29; 105.84
Pembukaan 15 Juli 1978
Jenis objek wisata Wisata pantai

Pantai Carita adalah sebuah pantai di pesisir barat provinsi Banten, Indonesia. Pantai ini merupakan obyek pariwisata pantai di Indonesia yang cukup terkenal selain Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong dan Pantai Tanjung Lesung.

Pantai Carita merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Pandeglang dan telah ditetapkan berdasarkan SK Menteri Pertanian No.440/kpts/UM/1978 pada tanggal 15 Juli 1978 sebagai Taman Wisata Alam. Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih sehingga membuat kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Carita kaya akan sumber daya alamnya. Hamparan tepian yang amat landai dengan ombak laut yang kecil dan lembut menyapu di sepanjang pantai, dipadu dengan pemandangan Gunung Krakatau.

Untuk mencapai tempat ini dapat melalui jalan tol Anyer dan setelah keluar dari tol dapat menyusuri ruas jalan Labuan-Carita menuju Anyer.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

pantai Carita merupakan pantai yang ramai di kunjungi para wisatawan dari luar kota maupun para wisatawan asing. Sepanjang ruas jalan Labuan-Carita biasanya akan sangat padat oleh kendaraan beroda empat pada setiap Hari Raya Idul Fitri dan tahun baru, biasanya para pelancong termasuk penduduk sekitar memilih untuk menikmati keindahan pantai Carita pada hari- hari itu, tetapi pengunjung harus tetap waspada terhadap kecelakaan yang mungkin terjadi, yang disebabkan oleh jalanan yang rusak dan berlubang, dan juga harus berhati-hati saat berenang pantai Carita karena dibeberapa tempat terdapat pasir atau bibir pantai yang menjorok ke laut, serta ketinggian ombak yang dapat mencapai beberapa meter pada saat cuaca hujan. Para wisatawan yang berkunjung dapat menikmati berbagai wahana yang disediakan oleh penduduk sekitar, seperti banana boat, selancar atau lainnya. Selain itu para wisatawan dapat menyewa penginapan atau Hotel yang berlokasi di sepanjang pantai Carita, yang menghadap ke laut pantai Carita, sehingga pengunjung dapat menikmati indahnya sunset di senja hari