Panspermia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Panspermia

Panspermia (bahasa Yunani: πανσπερμία from πᾶς/πᾶν (pas/pan) "semua" and σπέρμα (sperma) "benih") adalah hipotesis bahwa kehidupan ada di seluruh alam semesta, karena disebarkan melalui meteoroid, asteroid, dan planetoid.

Menurut gagasan ini, kehidupan yang dapat bertahan dari pengaruh angkasa, seperti bakteri ekstremofil, terperangkap dalam puing yang dilontarkan ke angkasa setelah tubrukan antara planet yang memiliki kehidupan dengan Benda Kecil Tata Surya. Bakteri akan menjadi tidak aktif selama beberapa waktu, hingga puing bertabrakan dengan planet lain. Jika permukaan planet yang baru memiliki kondisi ideal, bakteri menjadi aktif, dan proses evolusi dimulai.[1]

Panspermia bukanlah teori untuk menunjukkan bagaimana kehidupan dimulai. Gagasan yang berhubungan, tetapi terpisah, yaitu eksogenesis (bahasa Yunani: ἔξω (ekso, "luar") dan γένεσις (genesis, "asal usul")), merupakan hipotesis yang lebih terbatas. Hipotesis tersebut mengusulkan bahwa kehidupan di Bumi berasal dari suatu tempat lain di tata surya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Variasi hipotesis panspermia adalah nekropanspermia, yang dideskripsikan oleh astronom Paul Wesson sebagai berikut: “Sebagian besar organisme yang mencapai rumah baru di Bima Sakti ada dalam keadaan meninggal secara teknis ... namun kebangkitan mungkin saja terjadi." Grossman, Lisa (2010-11-10). "All Life on Earth Could Have Come From Alien Zombies". Wired. Diakses 2010-11-10. 

Referensi[sunting | sunting sumber]