Pansir-S1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pantsir-S1
NATO: SA-22 "Greyhound"
Bronnitsy - 02 - Pantsir-S1 SAM.jpg
Pantsir-S1 pada 8x8 Truck KAMAZ-6560 TLAR
Tipe Kombinasi sistem pertahanan udara
Negara asal  Rusia
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 2003–sampai sekarang
Digunakan oleh lihat operator
Sejarah produksi
Perancang Biro Desain Instrumen KBP [1]
Tahun 1994
Biaya produksi US$ 13.15[2]–14.67[3] juta (ekspor)
Diproduksi 2008
Varian Pantsir-S (prototipe), Pantsir-S1, Pantsir-S1-O (atau Pantsir-S1E)
Spesifikasi (Pantsir-S1)
Awak 3

Senjata
utama
57E6, 57E6-E
Senjata
pelengkap
Meriam otomatis ganda 2A38M kaliber 30 mm

Pantsir-S1 (bahasa Rusia: Панцирь-С1, Pantsir-S1 (kode NATO: SA-22 Greyhound) adalah rudal jarak pendek dikombinasikan untuk penggunaan jarak menengah permukaan-ke-udara dan artileri antipesawat. Alutsista ini diproduksi oleh KBP Tula, Rusia. Sistem ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari SA-19 / SA-N-11 dan merupakan teknologi terbaru pertahanan udara dengan menggunakan bertahap-array radar untuk kedua target akuisisi dan pelacakan.

Desain[sunting | sunting sumber]

Ini adalah rudal Arhanud jarak menengah ke udara, beroda, stasioner dengan dua atau tiga operator. Pertahanan udara yang terdiri dari senjata otomatis anti-pesawat dan rudal-permukaan-ke-udara dengan radar atau pelacakan target dengan optik dan bimbingan perintah radio. Tujuannya adalah perlindungan titik sipil dan militer dan daerah target , untuk pasukan mekanik sampai dengan sebagai perlindungan aset dengan peringkat yang lebih tinggi, seperti S-300 / S-400 . Target udara meliputi segala sesuatu dengan minimal 1 cm 2 dan kecepatan hingga maksimal 1300m / detik dalam jarak maksimal 20.000 meter dan ketinggian hingga 15.000 meter, termasuk semua jenis pesawat , [[helikopter[[ , Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) , rudal jelajah dan senjata presisi berpandu udara-ke-darat . Sistem ini mampu mempertahankan dari serangan pesawat siluman, dan memiliki kemampuan untuk pertahanan anti-amunisi.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Pantsir-S dimulai pada tahun 1990 direncanakan untuk menjadi penerus dari Tunguska M1 . Sebuah prototipe selesai pada tahun 1994 dan ditampilkan di MAKS -1995. Perkembangan selanjutnya berhenti karena situasi ekonomi bermasalah di Rusia Perkembangan akhir dari Pantsir-S1 didanai oleh peluncuran pelanggan UEA pada tahun 2000. Pengiriman ditunda setelah Uni Emirat Arab dan KBP Instrumen Desain Biro setuju untuk mendesain ulang sistem.

Beberapa sumber melihat desain ulang ini sebagai Pantsir-S1-O atau Pantsir-S1E tetapi, pada Agustus 2007, tidak ditawarkan oleh sebagai varian terpisah.  Sistem ini memiliki dua radar baru dengan rentang meningkat, mampu melacak target udara lebih tetapi juga target di tanah dan memiliki sistem IFF terintegrasi.  Dalam kabin dua baru dengan LCD multi-fungsi  telah menggantikan beberapa layar CRT dan sistem komputer baru.  Karena teknologi baru diadopsi, volume keseluruhan dari stasiun senjata dikurangi dengan sepertiga sedangkan berat keseluruhan berkurang setengah.  Sistem ini juga memiliki rudal ditingkatkan (dari jenis 57E6 ke jenis 57E6-E mungkin dipertukarkan) dan senjata (dari 2A72 jenis ke jenis 2A38M). 

Uji penembakan berlangsung pada bulan Juni 2006 di lapangan tembak Yar Kapustin, Astrakhan Region, Rusia . Uji seri akhir sebelum pengiriman Mei 2007 di Kapustin Yar termasuk barisan yang dipaksakan dari 250 km ke posisi peluncuran siap simulasi menyelesaikan sebuah misi pertahanan udara yang khas. Pemeriksaan lebih lanjut akan berlangsung di UAE .

  1. ^ "KBP Instrument Design Bureau". Jane's Land-Based Air Defence. Jane's. 2009. Diakses 2009-07-19. 
  2. ^ Interfax.ru
  3. ^ Newvesti.ru