Paninggaran, Pekalongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paninggaran
Peta lokasi Kecamatan Paninggaran
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPekalongan
Pemerintahan
 • CamatSiti Arofah
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri33.26.02
Kode BPS3326020
Luas- km²
Desa/kelurahanPaninggaran

Paninggaran (Jawa: ꦥꦤꦶꦁꦒꦫꦤ꧀, translit. Paninggaran) adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini terletak persis diantara perbatasan Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara. Ibukota Kecamatan berada di Desa Paninggaran. Kecamatan ini memiliki warga dengan tingkat perkembangan penduduk yang sangat signifikan. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai pedagang. Bahasa penduduk sudah mengikuti culture budaya ngapak atau Jawa ngapak namun berbeda dengan bahasa ngapak dari daerah lain seperti Banyumas atau Tegal bahasa ngapak dari Desa Paninggaran cenderung lebih halus dan tidak menggunakan dialek khusus. Tingkat perekonomian warga bersumber dari hasil pertanian seperti Palawija berupa jahe, kapulaga serta lainnya yang di tanam penduduk sebagai tanaman pendamping dari kebun penduduk. Selain itu terdapat pertanian sayur dan buah - buahan seperti manggis, pisang, durian, kelapa, dan lainnya.

Kuliner[sunting | sunting sumber]

Makanan khas di Paninggaran adalah Usek Krenyes, Kerupuk Ilatt, Wajik Klethik, dan Ondol.

Usek krenyes merupakan Kerupuk pasir yang dibuat khas sejak zaman nenek moyang di Desa Paninggaran yang dibuat dengan media penggorengan menggunakan pasir dan selanjutnya diberi Penambah rasa dengan rasa manis gurih atau pedas gurih.

Kerupuk Ilat merupakan kerupuk sejenis usek atau kerupuk pasir namun dengan ukuran yang lebih besar dan rasa yang lebih cenderung merupakan santapan pendamping makanan utama.

Ondol adalah jajanan khas Desa Paninggaran berbentuk seperti kelereng yang kebanyakan terbuat dari ketela pohon Berasa gurih dan merupakan camilan wajib pada saat bersantai. Jajanan ini biasanya dijual di Pasar Paninggaran dengan jajanan khas lain seperti jalabia, gemblong dan banyak jajan khas lainnya.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Wisata favorit di Desa Paninggaran adalah WBA (Watu Bangkong Adventure) yang merupakan wisata alam bernuansa kan keindahan sungai yang masih alami dan bersih. Wisata ini merupakan wisata keluarga untuk anak bermain river tubing dengan jalur mudah serta untuk orang dewasa yang menyukai olahraga air menantang menyusur deras air Sungai Kali Genteng menggunakan perahu karet dan atau ban sebagai pelampung. Wisata lain sekitar desa Paninggaran di wilayah kecamatan Paninggaran adalah Kali Paingan, Curug Siwatang, Bukit Trianggulasi, Curug Silangsih Sawangan, Pendakian Puncak Anjir, Candi Trenggolek Botosari, Kebun Teh Kaliboja, Wisata geologi Watu Sigeong dusun Bandingan, dan Wisata Religi makam Mbah Wali Tanduran, mbah wali karomah, makam Bupati Pejarakan di Desa Domiyang, makam Waliyullah Syaikh Ahmad Badarudin di botosari.

Industri[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa industri di Desa Paninggaran antara lain Pengolah Kerupuk Usek, Pembuat tempe dan Tahu. Serta Pabrik Teh Pagilaran di Kaliboja,PT. Gondorukem, PGT Perhutani di Domiyang, Penggergajian Kayu, dan juga beberapa pabrik penyulingan minyak cengkih atau Atsiri.

Kerajinan[sunting | sunting sumber]

Di Paninggaran terdapat sebuah desa pengrajin sapu yaitu desa Botosari. Sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai pembuat atau pengrajin sapu yang bernama Sapu Songketan serta pembuat Reyeng.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Angkutan di Desa Paninggaran sudah maju karena Jalan Raya Paninggaran merupakan Jalan pintas dari Kota Pekalongan menuju Banjarnegara. Angkutan umum yang digunakan oleh penduduk adalah bus dan ojek. Namun bus umum di Desa Paninggaran terbilang masih sedikit dikarenakan medan yang dilalui merupakan pegunungan dan hutan. Namun disisi lain bagi pengguna kendaraan pribadi jalur ini merupakan jalur favorit yang memanjakan mata karena sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]