Pangu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangu

Potret Pangu dari Sancai Tuhui
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:

Pangu (54000 — 18000 SM) (Pinyin: Pángǔ Shì; Hanzi Sederhana: 盘古氏; Hanzi tradisional: 盤古氏) adalah salah satu tokoh dalam cerita mitologi Tiongkok. Ada orang yang menganggap Pangu sebagai penjelmaan dari Yuanshi Tianzhun (Pīnyīn: Yuán Shǐ Tiān Zhūn; Hanzi: 元始天尊) dalam ajaran Taoisme. Legenda tentang Pangu terdapat banyak versi, tetapi secara umum memiliki persamaan anggapan bahwa Pangu adalah tokoh pembuka langit dan bumi.

Dalam berbagai versi umum legenda tentang Pangu, kebanyakan terdapat isi cerita seperti berikut ini:

Pada mulanya langit dan bumi kacau tanpa bentuk, Pangu lahir pada langit dan bumi kacau tanpa bentuk tersebut. Setelah 18.000 tahun, Pangu memakai sebuah kapak membelah langit dan bumi. Yang ringan dan terang naik ke atas menjadi langit; yang berat dan suram turun ke bawah menjadi bumi. Pangu takut langit dan bumi akan bergabung kembali, maka ia berdiri menahan langit dan bumi. Langit setiap hari naik 10 mistar, Pangu juga setiap hari bertambah tinggi 10 mistar. Setelah 18.000 tahun kemudian, Pangu meninggal dan organ tubuhnya menjadi berbagai barang di alam semesta ini: badannya berubah menjadi pegunungan, darahnya mengalir membentuk sungai, ototnya berubah menjadi tanah yang subur, sumsum tulangnya berubah menjadi mineral, giginya berubah menjadi batu permata, kulit dan bulu badannya berubah menjadi berbagai tanaman...

Ada orang yang menganggap bahwa legenda tentang Pangu adalah legenda yang diciptakan oleh orang zaman dahulu kala dengan menyerap legenda tentang Panhu (盘瓠) atau Pangu dari suku minoritas di selatan, ditambah dengan unsur filsafat kuno dan imajinasi pribadi untuk mengisi kekosongan zaman. Cerita tentang Pangu, paling awal ditemukan dalam karya dari Xu Zheng, Sanwu Liji (三五历记) pada zaman Tiga Negara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Xu Zheng (徐整; pinyin: Xú Zhěng; 220–265 AD), in the book Three Five Historic Records (三五歷紀; pinyin: Sānwǔ Lìjì), is the first to mention Pangu in the story "Pangu Separates the Sky from the Earth".
  • Ge Hong (葛洪; pinyin: Gě Hóng; 284–364 AD), in the book Master of Preserving Simplicity Inner Writings (抱朴子内篇; pinyin: Baopuzi Neipian), describes Pangu (Werner, E.T.C. Myths and Legends of China (1922)).
  • Ouyang Xun (歐陽詢; pinyin: Ōuyáng Xún; 557–641 AD), in the book Classified Anthology of Literary Works (藝文類聚; pinyin: Yiwen Leiju), also refers to Pangu.
  • Carus, Paul (1852–1919) in the book Chinese Astrology, Early Chinese Occultism (1974) based on an earlier book by the same author Chinese Thought. This book was a bestseller (1907).

Sumber tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait Pangu di Wikimedia Commons