Pangkalanbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pangkalanbun
Pangkalanbun dari udara
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Tengah
Kecamatan Arut Selatan
Kode pos 74110
Pangkalan Bun di masa Hindia Belanda
Tepi sungai di Pangkalan Bun di masa Hindia Belanda

Pangkalanbun (disingkat: PBU[1]) adalah ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Pangkalanbun merupakan bagian dari Kecamatan Arut Selatan dan aglomerasi dari beberapa wilayah kelurahan, terutama Kelurahan Mendawai, Raja, Mendawai Seberang, dan Raja Seberang.

Menurut perkembangannya, Pangkalanbun sebelumnya dikenal sebagai Pangkalanbuun dan merupakan pelabuhan ("pangkalan") di tepi Sungai Buun. Kota ini merupakan tempat kedudukan raja/pangeran Kerajaan Kotawaringin, setelah istana di Kotawaringin Lama ditinggalkan pada tahun 1841. Istana di Pangkalanbun biasa dikenal sebagai Istana Kuning.

Pada perkembangan moderen ini, Pangkalanbun telah menjadi hub bagi berbagai perusahaan perkebunan dan silvikultur yang banyak memiliki lahan usaha di sekitar kota ini.

Hubungan darat yang melalui kota ini adalah Jalan Trans Kalimantan, sehingga Pangkalanbun telah terhubung ke Sampit, Ketapang, dan Kota Pontianak. Akses laut bisa dilalui dengan pelabuhan di Kumai yang melayani jurusan Semarang dan Surabaya. Bandara Iskandar menjadi gerbang akses udara yang menghubungkan kota ini dengan Jakarta, Semarang, Surabaya, Solo, Ketapang, Sampit, Palangkaraya, Pontianak, Banjarmasin, dan Balikpapan. Per tahun 2012 ada empat perusahaan penerbangan yang melayani rute-rute ini.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 2°41′0″LU 111°37′0″BT / 2,68333°LS 111,61667°BT / -2.68333; 111.61667