Pangkalan Dewa, Pangkalan Lada, Kotawaringin Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pangkalan tiga
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Tengah
Kabupaten Kotawaringin Barat
Kecamatan Pangkalan Lada
Jumlah penduduk -4000[butuh rujukan]

Pangkalan tiga adalah sebuah nama desa di wilayah Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Desa Pangkalan dilalui jalan Ahmad Yani yang merupakan jalan raya poros yang menghubungkan Kota Pangkalan Bun, Sampit, Palangkaraya dan Banjarmasin. Desa Pangkalan Tiga terbentuk pada tahun 1983 yaitu saat diadakan program transmigrasi pada rezim Soeharto. hampir 70% penduduk di desa ini dari suku Jawa, 27% suku Sunda, dan 3% suku yang lain. Pada era 90-an desa Pangkalan Tiga sudah menunjukan kemajuan yang pesat dalam bidang perdagangan. pada tahun itu di desa ini didirikan pasar seluas 1,5 Ha yang terbelah jalan raya. disinilah mulai terjadi negosiasi barang dan jasa pertama kali dalam pasar persaingan sempurna.[butuh rujukan]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di desa Pangkalan Tiga memiliki 3 lembaga pendidikan negeri (Sekolah Dasar 2 dan Sekolah Menengah Pertama 1) dan 2 lembaga pendidikan TPA dan Madrasah Baiturachman. Selain itu terdapat tempat kursus musik kilat, seperti drum, gitar, bas, campursari dll.