Christian, Putra Mahkota Denmark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran Christian
Putra Mahkota Denmark & Count dari Monpezat
Pangeran Christian pada 2021
Kelahiran15 Oktober 2005 (umur 18)
Rigshospitalet, Copenhagen, Denmark
WangsaDinasti Monpezat
Nama lengkap
Christian Valdemar Henri John
AyahFrederik X
IbuMary, Permaisuri Denmark

Christian, Putra Mahkota Denmark & Count Monpezat (Christian Valdemar Henri John; lahir 15 Oktober 2005) adalah anak pertama dari Frederik X dan Mary, Permaisuri Denmark. Pangeran Christian berada di urutan pertama di garis suksesi takhta Denmark.

Kelahiran dan Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Pangeran Christian lahir sebagai anak pertama dari Frederik, Putra Mahkota Denmark dan Mary, Putri Mahkota Denmark pada 15 Oktober 2005 pukul 01.57 (waktu lokal) di Rigshospitalet, Copenhagen, Denmark dengan kehadiran ayahnya. Dia memiliki berat 3,5 kg dan panjang 50 cm.[1] 21 tembakan penghormatan di tembakan pada siang hari kelahirannya di Battery Sixtus dan Istana Kronborg.[2]

Christian dirawat di rumah sakit pada 21 Oktober 2005 karena menderita penyakit kuning neonatal, penyakit yang biasanya tidak berbahaya dan cukup umum (terutama pada kelahiran prematur). Sang pangeran diperiksa oleh dokter dan menjalani tes darah, kemudian menghabiskan waktu di kotak lampu di bawah sinar lampu berwarna khusus untuk memecah zat bilirubin penyebab penyakit kuning. Orang tuanya membawanya pulang lagi pada hari yang sama dan dia sembuh total.

Dia dibaptis pada 21 Januari 2006 di Istana Christiansborg oleh Uskup Erik Norman Svendsen. Dia diberi nama Christian Valdemar Henri John, melanjutkan tradisi kerajaan Denmark yang berganti-ganti antara nama Christian dan Frederik secara langsung.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Christian adalah anggota keluarga kerajaan Denmark pertama uang bersekolah di taman kanak-kanak. Dia juga anggota pertama dari keluarga kerajaan yang bersekolah di sekolah umum, Tranegårdskolen di Hellerup. Pada April 2021, diumumkan bahwa Christian akan menempuh pendidikan menengahnya di sekolah asrama Denmark Herlufsholm, mulai Agustus 2021.

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

Christian diberi gelar sebagai "Yang Mulia Pangeran Christian dari Denmark, Count dari Monpezat". Ia telah menjadi Pangeran Denmark sejak lahir dan Count dari Monpezat sejak 29 April 2008, ketika Ratu Margrethe II memberikan gelar tersebut kepada keturunan laki-lakinya.

  • 15 Oktober 2005 - 29 April 2008: Yang Mulia Pangeran Christian dari Denmark
  • 29 April 2008 - sekarang: Yang Mulia Pangeran Christian dari Denmark, Count dari Monpezat

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Princess Mary gives birth to prince". ABC. 15 Oktober 2005. 
  2. ^ "Something begotten in the state of Denmark". The Age. 16 October 2005. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Christian, Putra Mahkota Denmark
Lahir: 15 Oktober 2005
Denmark
Didahului oleh:
Frederik X
Garis Suksesi Tahta Denmark
posisi pertama
Diteruskan oleh:
Putri Isabella dari Denmark
Garis Suksesi Tahta Britania Diteruskan oleh:
Pangeran Vincent dari Denmark