Bernhard dari Belanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bernhard dari Lippe-Biesterfeld
Pangeran pendamping dari Belanda
Pangeran dari Lippe-Biesterfeld
Pasangan 6 September, 1948 - 30 April, 1980
Pasangan dari Ratu Juliana
Anak Beatrix, Irene, Margriet, Christina
Wangsa Wangsa Lippe
Ayah Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld
Ibu Baroness Armgard von Sierstorpff-Cramm

Bernhard Leopold Frederik Everhard Julius Coert Karel Godfried Pieter zur Lippe-Biesterfeld (Jena, 29 Juni 1911 - Utrecht, 1 Desember 2004) Pangeran Belanda (Bahasa Belanda: Prins der Nederlanden), Pangeran Lippe-Biesterfeld, Noble Seigneur dan Graaf van Schwalenberg en Sternberg. Ia dimakamkan pada tanggal 11 Desember 2004 di Delft.

Kelahiran dan masa kecil[sunting | sunting sumber]

Pangeran Bernhard lahir di Jena, sebagai Graaff zur Lippe-Biesterfeld. Masa kecilnya cukup bahagia dan pada tahun 1929 ia lulus dari Gymnasium, semacam SMU di Berlin. Lalu ia kuliah hukum di München dan Lausanne dan diwisuda pada tahun 1935. Pada tahun yang sama ia mulai bekerja di sebuah perusahaan kimia IG Farben. Perusahaan ini antara lain membuat cat dan bahan-bahan kimia lainnya. Kelak pada Perang Dunia II perusahaan ini membuat gas Zyklon B yang dipakai untuk membantai orang Yahudi di kamp-kamp konsentrasi.

Sementara ini Pangeran Bernhard menjadi anggota SA dan SS partai Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (Nazi), partainya Adolf Hitler. Di kemudian hari Bernhard tak pernah menyangkal bahwa ia dulu sempat menjadi anggota partai Nazi. Ia hanya berkata bahwa ia tidak secara sukarela menjadi anggota tetapi dimasukkan oleh temannya, yaitu Langenheim bersaudara.

Tunangan dan pernikahannya[sunting | sunting sumber]

Bernhard konon bertemu dengan Juliana pada tahun 1936 ketika sedang berlibur musim dingin dan main ski di Jerman Garmisch-Partenkirchen. Akan tetapi kemungkinan besar mereka dijodohkan oleh Ratu Wilhelmina dan sudah pernah bertemu di Amsterdam. Biar bagaimanapun juga mereka lalu bertunangan dan mereka menikah pada tanggal 7 Januari 1937 di Den Haag.

Pangeran Bernhard dan Putri Juliana kemudian mendapatkan empat anak: Beatrix (1938), Irene (1939), Margriet (1943) dan Marijke (1947). Selain itu pangeran Bernhard juga memiliki seorang anak di luar nikah yang bernama Alexia (1967) dengan selirnya seorang Paris Hélène Grinda.

Sebenarnya pernikahan Bernhard dengan Juliana tidak selalu berjalan dengan mulus. Meski terlihat mesra apabila bersama di depan kamera para wartawan, mereka sebenarnya hidup secara terpisah. Ini merupakan sebuah rahasia umum. Di rumah mereka di istana Soestdijk, mereka masing-masing tinggal di bagian-bagian sendiri yang terpisah.

Pangeran Bernhard pada Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Meski ia seorang Jerman, Bernhard pada Perang Dunia II, mengungsi ke Inggris bersama keluarganya dan berperang di sisi para sekutu, ia belajar mengemudikan pesawat dan menjadi seorang pilot. Ia bahkan beberapa kali pernah mengebom negara kelahirannya.

Jabatan-jabatannya[sunting | sunting sumber]

Pangeran Bernhard banyak memegang jabatan-jabatan, antara lain ia yang mendirikan WWF. Selain itu antara tahun 1946 dan 1976 ia merupakan inspektor-jendral tentara Belanda. Ia senang menjadi seorang militer.

Urusan Lockheed[sunting | sunting sumber]

Pangeran Bernhard pernah terlibat skandal politik. Ia menerima uang dari perusahaan Lockheed supaya pemerintah Belanda membeli pesawat tempur perusahaan ini. Sebagai hukuman, jabatannya didemosi dan ia tidak boleh mengenakan pakaian militer lagi. Tetapi pada saat dimakamkan ia akan didandani dengan sebuah pakaian militer.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bernhard dari Belanda
Lahir: 29 Juni 1911 Wafat: 1 Desember 2004
Belanda
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Henry dari Mecklenburg-Schwerin
Pangeran Pendamping Belanda
1948–1980
Diteruskan oleh:
Claus von Amsberg
Jabatan organisasi nirlaba
Pertama Ketua Bilderberg Group
1954-1976
Diteruskan oleh:
Walter Scheel
Ketua Oxfam Novib
1956-1971
Diteruskan oleh:
Unknown
Presiden WWF
1961-1977
Diteruskan oleh:
John Hugo Loudon
Jabatan militer
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Henri Winkelman
Panglima Angkatan Bersenjata Belanda
1944-1945
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Hendrik Johan Kruls
sebagai Panglima Pertahanan Belanda
Pertama Inspektur Jenderal Angkatan Darat Kerajaan Belanda
1945-1970
Terakhir
Menjadi Inspektur Jenderal
Angkatan Bersenjata Belanda
Inspektur Jenderal Angkatan Laut Belanda
1946-1970
Inspektur Jenderal Angkatan Udara Belanda
1953-1970
Inspektur Jenderal Angkatan Bersenjata Belanda
1970-1976
Diteruskan oleh:
Witius Henrik de Savornin Lohman