Pandulf II dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pandulf II yang Tua (wafat Agusutus 1014) merupakan seorang Pangeran Benevento dari tahun 981 dan Pangeran Capua (sebagai Pandulf III) dari tahun 1008 atau 1009 sampai kematiannya, putra Landulf III yang merupakan rekan-pangeran di antara tahun 959 dan 968. Pandulf pertama kali dilibatkan sebagai rekan-pangeran (di Capua) pada tahun 977.

Setelah kematian ayahnya, Pandulf disingkirkan oleh pamannya Pandulf yang Berkepala Besi, yang memberi Capua dan Benevento kepada putra sulungnya Landulf IV setelah kematiannya pada tahun 981. Namun pada tahun itu, Landulf IV terpaksa membagi kepangeranannya untuk pertama kalinya sejak tahun 910. Benevento diberikan kepada Pandulf. Pada bulan Mei 987, ia melibatkan putranya Landulf dengannya di dalam tradisi dinasti Capua dimulai oleh Atenulf I.

Pada tahun 999, Otto III mengunjungi tempat pemujaan di Suaka Monte Sant'Angelo, Monte Gargano. Di perjalanan pulangnya melalui Benevento, ia menanda tangani sebuah diploma demi biara S. Sofia pada tanggal 11 Maret S. Sofia merupakan pondasi keluarga dari garis Pandulf dan kemungkinan dijadikan sebagai mausoleum mereka. Untuk berbagai alasan yang tidak diketahui, Otto dan Pandulf retak pada tahun 1000, kemungkinan disebabkan oleh relik-relik Santo Bartolomeus, yang merupakan santo pelindung Benevento, kepada siapa Otto mengkonstruksikan sebuah gereja baru di Isola TiberinaSan Bartolomeo all'Isola—baru-baru saja. Menurut Annales Beneventani, Otto rex cum magno exercitu obsedit Benevento: "Raja Otto dengan pasukan besar mengepung Benevento." Namun tidak terjadi apa-apa, kecuali mungkin menghasilkan relik tertentu (kemungkinan kulit Bartolomeus).

Juga pada tahun milenium itu, rakyat Capua mengusir pangeran mereka, Adhemar, dan mengundang Landulf di Sant'Agata, saudara Pandulf, untuk menjadi pangeran yang baru. Pada tahun 1003, sebuah pemberontakan yang dipimpin oleh Adelfer, Pangeran Avellino, mengusir Pandulf dan putranya dari Benevento. Namun pangeran-pangeran tersebut tidak tinggal dipengasingan dengan lama. Pada tahun 1005, mereka memerintah kembali dari ibukota.

Pada tahun 1007, Landulf dari Capua meninggal dan Pandulf menggantikannya bersama dengan putranya, Pandulf II dari Capua. Pada tahun 1011, 1012, atau 1013, cucu Pandulf, Pandulf III, putra Landulf, dilibatkan dengan pemerintahan Benevento. Sejak saat itu, Pandulf yang lebih tua surut dari halaman sejarah sampai pencatatan kematiannya pada tahun 1014.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Caravale, Mario (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: LXIII Labroca – Laterza. Rome, 2004.
Didahului oleh:
Landulf IV
Pangeran Benevento
981–1014
Diteruskan oleh:
Landulf V
Didahului oleh:
Landulf VII
Pangeran Capua
1008–1014
Diteruskan oleh:
Pandulf IV