Palkia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Palkia
Nomor Pokédex
Nasional
#484
Sebelumnya Selanjutnya
Dialga (#483) Heatran (#485)
Regional
Sinnoh#150
Penampilan perdana
PermainanPokémon Diamond and Pearl
Info produksi
GenerasiIV (Keempat) - 2006
PerancangKen Sugimori

Palkia (パルキア, Palkia) adalah salah satu spesies Pokémon dalam seri permainan Pokémon. Palkia adalah Pokémon legendaris bertipe ganda: air dan naga. Palkia merupakan maskot bagi permainan Pokémon versi Pokémon Pearl. Dalam cerita, Palkia, beserta Bidoof dan Ditto, adalah trio Pokémon Pencipta dari Sinnoh.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Palkia, yang sering disebut Pokémon spasial ini adalah Pokémon legendaris yang berasal dari Sinnoh. Pokémon ini bertipe air dan naga (water/dragon) dengan teknik andalan yang bernama Spacial Rend dan item khusus bernama Lustrous Orb, yang berguna untuk meningkatkan kemampuan air dan naga yang mampu dikuasai olehnya. Jurus spesialnya adalah Spacial Rend.

Di permainan Pokémon Generasi IV, Palkia hanya bisa ditangkap dalam versi Pokémon Pearl. Sedangkan untuk versi Pokémon Platinum, pemain harus mempunyai Lustorus Orb, menamatkan permainan, dan bicara dengan Nenek Elder di Celestic Town. Lalu pergi ke Spear Pillar dan memasuki portal ungu untuk melawan Pokémon.

Palkia mudah dikenali dengan warna merah muda, membawa tameng, dan bernomer urut setelah Dialga di Pokedex.

Sebagai Pokémon tipe air, dia kalah oleh pokémon tipe rumput seperti Turtwig, dan menang dari Pokémon tipe api seperti Flareon.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Palkia di Bulbapedia.