PALTV

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Palembang TV)

PALTV
PT Sumeks Tivi Palembang
Palembang, Sumatera Selatan
Indonesia
SaluranDigital: 29 UHF
SloganMemang Punyo Kito
Pemrograman
BahasaBahasa Indonesia
Bàso Palémbang
AfiliasiJPM
Kepemilikan
PemilikHarian Umum Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group)
Riwayat
Didirikan9 September 2005
Bekas nomor kanal
42 UHF (analog)
BeritaSatu (2011- 2015)
Palembang (kota) TV
Informasi teknis
Otoritas perizinan
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Pranala
Situs webwww.paltv.co.id
PALTV
Kantor pusatGedung Graha Pena, Jl. Kol. H. Barlian 773 Km 6,5 Palembang, Sumatera Selatan
Ketersediaan (selain terestrial)
Satelit
Telkom-43773/H/10280 MPEG-4

Palembang TV (disingkat: PALTV) adalah stasiun TV yang berdiri di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Berdiri pada tanggal 9 September 2005 dengan nama PT Sumeks Televisi Palembang. PALTV pernah menjadi salah satu sponsor tim sepak bola bernama Sriwijaya FC yang berlaga di Liga Super Indonesia. Stasiun TV ini juga menyiarkan semua berita tentang Sriwijaya FC dan siaran langsung Sriwijaya FC setiap kali berlaga di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Jaringan Siaran

Siaran PALTV sebelumnya dapat dinikmati di Channel 42 UHF pada frekuensi analog (khusus Provinsi Sumatera Selatan) dan pada 1 Mei 2022, siaran PALTV hanya dapat dinikmati melalui frekuensi digital di Channel 29 UHF saja. Saat ini PALTV merupakan anggota jaringan Wahana Semesta Merdeka (WSM) Group yang merupakan holding company Sumatera Ekspres Group (SEG) dan beberapa perusahaan media lainnya.

Dengan kekuatan TX (transmiter) 20 KW, jangkauan siaran PALTV meliputi sekitar Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Ilir serta sebagian Kabupaten Muara Enim, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin dan Kota Prabumulih. Kehadiran PALTV tentu saja mendapat sambutan hangat masyarakat Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang. Itu lantaran, PALTV sebagai televisi lokal pertama di Sumatera Selatan lebih tahu apa yang dinginkan pecintanya.

Saat ini PALTV dapat ditonton melalui aplikasi PALTVstream dan JPM STREAM yang dapat diunduh di Play Store. Selain itu, PALTV juga menyapa pemirsa melalui kanal YouTube dan akun media sosial seperti laman facebook Diarsipkan 2020-06-25 di Wayback Machine., instagram Diarsipkan 2020-06-25 di Wayback Machine. dan twitter.

Acara PALTV

Untuk memperkuat penetrasi ke masyarakat dan mewujudkan motto PALTV Memang Punyo Kito, PALTV merancang program-program siaran dengan mempertimbangkan faktor kedekatan (proximity), melibatkan Pemirsa melalui program On Air interaktif (via telepon, WhatsApp dan SMS), dan membuat kegiatan Off Air di tengah masyarakat di beberapa wilayah di Sumatera Selatan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, PALTV memroduksi program-program On Air dan Off Air yang dekat dengan masyarakat (audiens) dengan menekankan 70-80% konten lokal. Sebagian program ditayangkan dalam format siaran langsung (live). Beberapa program menggunakan bahasa Palembang, seperti: Grebek, Halo Pelembang, PALonline, Studio42, Klakar Bethok, Payo Endorse, Tapak Dokumenter, Cawisan, Warung Wak Ebok, Bebaso Pelembang, FTV, dan Anten-anten Nunggu Buko. Selain itu, PALTV juga memperbanyak kegiatan Off Air, terutama pada program unggulan. Dalam penempatan program (scheduling) PALTV memakai pertimbangan waktu menonton pemirsa (viewing habit), jenis pemirsa (audience segment), kompetisi program di stasiun televisi lain dan jenis program/konten yang dimiliki.

PALTV berpengalaman dalam menyiarkan secara langsung beberapa Debat Publik Pilkada Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan dan Debat Publik Calon Gubernur Sumatera Selatan.

Lihat pula

Pranala luar