Palazzo Re Enzo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemandangan Istana Re Enzo.

Palazzo Re Enzo merupakan sebuah istana di Bologna, Italia utara. Nama istana tersebut diambil dari nama Enzio dari Sardinia, putra Frederick II, yang dipenjara di sana dari tahun 1249 sampai kematiannya pada tahun 1272.

Istana itu dibangun pada tahun 1245 sebagai sebuah ekstensi di dekat Palazzo del Podestà, yang telah terbukti tidak cukup untuk Komunal Bologna. Oleh karena itu awalnya istana ersebut dikenal sebagai Palatium Novum ("Istana Baru").

Tiga tahun setelah istana tersebut diselesaikan, Enzio ditangkap oleh Guelph di Pertempuran Fossalta, dan setelah tinggal sebentar di Anzola ia dipindahkan kesini, dimana ia tinggal sampai kematiannya.

Pada tahun 1386 Antonio di Vincenzo menyelesaikan Sala dei Trecento ("Aula Tiga Ratus"), yang akan menjadi arsip kota. Lantai terakhir direnovasi besar pada tahun 1771 oleh Giovanni Giacomo Dotti. Penampilan Gothik yang sekarang bertanggal dari restorasi pada tahun 1905 berkat Alfonso Rubbiani.

Pada sebelah kanan istana terdapat akses menuju kapel Santa Maria dei Carcerati, dimana tawanan yang dihukum mati pergi. Di lantai pertama terdapat Carroccio dan mesin-mesin perang, dan di lantai tengah adalah kantor-kantor praetor dan kapel.

Legenda tentang penahanan Enzio[sunting | sunting sumber]

Enzio diduga dibiarkan bebas di dalam istana pada siang hari, namun pada malam hari ia disimpan di dalam sangkar yang tergantung di atas langit-langit. Ia juga diijinkan bertemu dengan wanita: di dalam wasiatnya ia menyebutkan tiga putri kandungnya, namun sebuah legenda membicarakan tentang putra keempat yang ia miliki dengan seorang wanita biasa, Lucia di Viadagola. Seorang anak yang bernama Bentivoglio, dari kata-kata "Amore mio, ben ti voglio" yang ia ucapkan kepada kekasihnya (yang berarti "Sayangku, Aku menyukaimu"), dan ia merupakan leluhur dari keluarga Bentivoglio, yang kemudian menjadi pemimpin-pemimpin di Bologna.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Paola Foschi and Francisco Giordano, ed. (2003). Palazzo Re Enzo. Storia e restauri. Bologna: Costa. 

Koordinat: 44°29′40,56″LU 11°20′33,72″BT / 44,48333°LU 11,33333°BT / 44.48333; 11.33333