Pakisjaya, Karawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pakisjaya
Kecamatan
Ckp3.png
Peta lokasi Kecamatan Pakisjaya
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Karawang
Pemerintahan
 • Camat H.DARUL AMIN,Sos
Luas 57.79 km²
Jumlah penduduk 40.117
Kepadatan 33 jiwa/km²
Desa/kelurahan 8

Pakisjaya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Pakisjaya adalah salah satu kecamatan hasil pemekaran dari kecamatan Batujaya. Kecamtan Pakisjaya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Bekasi di barat dan selatan, dan kecamatan Batujaya di timur, pusat pemerintahan kecamatan ini terdapat di desa Tanjungbungin.

Sebagian besar pendapatan masyarakatnya adalah dari bertani, berkebun dan wiraswasta.

Bahasa daerah yang digunakan secara umum adalah bahasa Indonesia bercampur dialek jakarta, hanya sebagian penduduk yang bisa menggunakan bahasa Sunda. Yang paling berbeda bahasanya adalah Dsn melayu,Dsn Melayu Merupakan Dusun Yang Ketiga dari Dsn Yang Lainya yang berada di Desa Tanahbaru,Desa Tanahbaru adalah merupakan Desa Induk yang pada saat itu dipimpin oleh Mandor paul, karena menggunakan bahasa betawi dengan nada akhiran e, seperti dialek daerah Jakarta asli karena sebagian besar penduduk daerah Dsn melayu adalah pindahan dari Jakarta.

Adapun khusus untuk Desa Tanjungpakis, sebagian besar penduduknya adalah Nelayan, dan berdagang. Desa ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa Pantai Utara. Transportasi yang biasa digunakan adalah melalui jalur darat dan laut,

Jarak tempuh ke jakarta biasa bisa di lalui lewat laut, dengan jarak tempuh 1-2 jam. kecamatan Pakis Jaya, berbatasan dengan Kab Bekasi, yang hanya dipisahkan oleh Sungai Citarum. Adapun jalur transportasi yang biasa di pakai untuk ke Kota Cikarang Atau Bekasi dengan menggunakan ELF yang langsung ke Cikarang. Adapun tempat lokasi wisata yang biasa ramai dikunjungi adalah Pantai Pakis Jaya, dengan pemandangan laut yang indah menghijau ke Laut Jawa.

Di kecamatan ini terletak sebagian dari situs kepurbakalaan Percandian Batujaya. Candi Jiwa, salah satu sisa candi di situs itu adalah salah satu situs tertua peninggalan masyarakat Buddha yang pernah menghuni daerah itu pada abad ke-5 Masehi.

Home industri yang terkenal di kecamatan Pakis Jaya adalah konveksi celana Jeans, yang pemasarannya sudah menembus pasaran pulau-pulau di seluruh Nusantara, bahkan sampai ke benua Afrika. Selain itu, makanan yang terkenal adalah Dodol China, Rengginang lebaran, Bika Pakis dll.

Salah satu potensi terbesar di Kecamatan pakis jaya adalah pertanian, perkebunan dan Tambak Ikan. khusus untuk tambak ikan, berada di sepanjang Desa Tanjungpakis.

Penghasilan terbesar penduduk di kecamatan pakis jaya adalah Pertanian. tetapi, akhir - akhir ini khusus untuk Desa Solokan, Tanjungbungin,Tanjungmekar. terjadi krisis kekurang air untuk persawahan. Hal ini karena sistem irigasi yang ada sudah yidak lagi cukup mengairi daerah tersebut dikarena penyempitan irigasi. Diharapkan, Bantuan dan sumbangan pemikiran, agar bagaimana sistem pengairan atau irigasi di daerah Kp melayu bisa kembali berjalan lancar.

Informasi terbaru, di daerah Desa Solokan, Desa Tanjung Bungin, dan Tanjungmekar telah ditemukan sumber-sumber minyak oleh pihak Pertamina. dimana, sampai periode Oktober 2008 ini baru dimulai proses pembebasan lahan sawah oleh pemerintah, diharapkan, dengan ditemukannya sumber minyak ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya, dan jangan sampai mengganggu lahan sekitarnya.