Pakis lidah kolam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pakis lidah kolam
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
M. pteropus
Nama binomial
Microsorum pteropus
Blume, 1933

Pakis lidah kolam (Microsorum pteropus) adalah sejenis paku-pakuan yang biasa ditaruh di akuarium sebagai tanaman hias, juga karena sangat mudah tumbuh. Tumbuhan asal sungai dan danau di Asia Tenggara ini memiliki beberapa variasi geografi yang berbeda bentuk dan ukuran. Dalam perdagangan, dikenal juga sebagai Java fern ("pakis Jawa").

Tumbuhan ini tumbuh pada kolam atau bagian sungai dangkal. Daunnya memanjang seperti lidah dengan peruratan yang jelas. Penanaman di akuarium dilakukan dengan mengikat rimpangnya pada batu atau penyangga lain (semacam epifit). Penanaman di substrat malah tidak dianjurkan. Tumbuhan ini relatif tidak disukai oleh ikan pemakan tumbuhan air karena rasa daunnya yang pahit.

Panjang daun 20–35 cm, lebar 12–18 cm, toleran terhadap pencahayaan lemah maupun kuat, namun pada cahaya kuat warna daun menghilang, suhu air optimal 22-30 °C, pH netral, toleran terhadap kesadahan. Tumbuhan ini populer karena sangat mudah dirawat.

tanaman ini juga tidak membutuhkan pasokan karbon dioksida yang banyak. Cara mengembangbiakkan dengan memecah tanaman yang terlalu rimbun dan anakannya dapat diikat di batu atau kayu akuarium menggunakan benang katun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]