Pakicetus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Pakicetus
Rentang fosil: Awal Eocene
Pakicetus BW.jpg
Klasifikasi ilmiah
Domain: Eukaryota
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Cetacea
Upaordo: Archaeoceti
Famili: Pakicetidae
Upafamili: Pakicetinae
Genus: Pakicetus
Spesies: P. inachus
Nama binomial
Pakicetus inachus
Gingerich & Russell, 1981

Pakicetus adalah genus mamalia darat karnivora dari family Pakicetidae yang endemik di Asia dari Eosen (55.8 ± 0.2—40 ± 0.1 Jtl). Pakicetus hidup pada Templat:Mya.[1]

Texonomy[sunting | sunting sumber]

Pakicetus diletakkan di Protocetidae oleh Gingerich dan Russell (1981), Carroll (1988) dan Benton (1993). Kemudian menjadi Pakicetinae oleh Gingerich dan Russell (1990) dan McKenna dan Bell (1997); sampai akhirnya menjadi Pakicetidae oleh Thewissen dan Hussain (1998), Thewissen et al. (2001), Geisler dan Sanders (2003), McLeod dan Barnes (2008) dan Uhen (2010).

Penyebaran Fosil[sunting | sunting sumber]

Fosil pertamanya ditemukan di Pakistan, sesuai namanya. Tempat dimana fosil pertamanya ditemukan di pesisir Laut Tethys. Fosil pertamanya, tengkorak yang kesepian, sempat dikira sebagai mesonychid, tapi Gingerich dan Russell mengenalinya sebagai paus awal dari bentuk karakteristik telinganya, yang hanya ditemukan pada paus.

Kerangka utuhnya ditemukan tahun 2001, membuktikan bahwa Pakicetus adalah hewan darat, berukuran sebesar serigala, dan mirip dengan para mesonychid.[2]

Dalam Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Pakicetus muncul di National Geographic Evolutions: The Walking Whale

Tengkorak Pakicetus

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paleobiology Database: 'Pakicetus basic info
  2. ^ J. G. M. Thewissen, E. M. Williams, L. J. Roe and S. T. Hussain, Skeletons of terrestrial cetaceans and the relationship of whales to artiodactyls, Nature vol 413, pages 277–281, 2001.

Templat:Cetaceaportal