Nusantara (perusahaan otobus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari PO. Nusantara)
Nusantara
Didirikan1968; 56 tahun lalu (1968)
PendiriYonatan Budianto
Kantor pusatJalan Getas Pejaten Nomor 4, Getaspejaten, Jati, Kudus, Jawa Tengah
Wilayah layananJawa
Jenis layananAntarkota
Pariwisata
Kurir
Kelas
GarasiJalan Raya Kudus - Demak KM 5, Karanganyar, Demak, Jawa Tengah
Rute terpendekKudus-Yogyakarta
Rute terpanjangKudus-Tangerang
Jenis bahan bakarSolar
OperatorPT Perusahaan Otobis Nusantara
CEOHandojo Budianto
Situs webwww.nu3tara.com

PT Perusahaan Otobis Nusantara (menjalankan bisnis sebagai Nusantara, atau juga dikenal dengan sebutan Nu3tara (3 dibaca dalam bahasa Jepang: san)) adalah operator bus Indonesia yang berpusat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Nusantara dikenal dengan pelayanan bus kelas yang mewah pertama di Indonesia, menggunakan sasis bus yang ternama dan juga merupakan salah satu operator bus yang menggunakan sasis bus Scania terbanyak di Indonesia.

Nusantara melayani beberapa trayek bus antarkota bagi para penggunanya yang diantaranya Yogyakarta-Semarang, Semarang-Kudus, Semarang-Malang, Jepara-Yogyakarta, Jakarta-Kudus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nusantara didirikan oleh Bapak Yonatan Budianto di Kabupaten Kudus pada tahun 1968, yang diawali dengan pengoperasian 2 unit bus merk GAZ buatan Uni Soviet tahun 1965, yang merupakan bus bekas eks-TNI Angkatan Laut. Pada tahun 1969 ditambah 5 unit bus merk ZIEL buatan tahun 1962, yang merupakan bus bekas eks- TNI Angkatan Udara, dan 1970 mulai dirakit bus dengan bodi dari kayu dengan basis rangka bermerk THAMES dari Inggris. Tahun 1975 merupakan tahun diperkenalkannya besi baja untuk bodi bus di Indonesia, sehingga perusahaan mendatangkan unit bus dengan merk Ford dari Amerika, dengan karoseri bodi besi baja. Ketika perkembangan dunia otomotif mulai menunjukkan geliatnya di Indonesia. Nusantara memperkenalkan kepada konsumennya unit bus Mercedes-Benz dengan mesin depan pada Tahun 1977 (seri OF), dimana seri ini terus dipergunakan hingga tahun 1984, yang kemudian beralih menggunakan Mercedes-Benz dengan mesin belakang (seri OH).

Selama kurun waktu tersebut, Nusantara berkonsentrasi untuk menangani jalur pendek di Jawa Tengah, SemarangKudusPatiRembangLasem, hingga pada era tahun 1990-an, Nusantara mulai mengembangkan operasinya untuk memulai melayani konsumen pada jalur jalur yang lebih jauh dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Seiring perkembangan mobilitas penduduk dan juga perkembangan perusahaan, Nusantara kini melayani kota–kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal, Cirebon, Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang, Tangerang dan kota kota lainnya di Pulau Jawa.[1]

Trayek[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tentang PO Nusantara". nu3tara.com. Diakses tanggal 2021-01-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]