PAW Patrol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

PAW Patrol
GenreSerial televisi animasi
PembuatKeith Chapman
PengembangScott Kraft
SutradaraJamie Whitney
Penggubah lagu temaMichael Smidi Smith dan Scott Krippayne
Lagu pembuka"PAW Patrol!" ditampilkan oleh Scott Simons
Lagu penutup"PAW Patrol!" (instrumental)
Negara asalAmerika Serikat dan Kanada
Bahasa asliBahasa Inggris
Jmlh. musim8
Jmlh. episode208 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifJennifer Dodge, Ronnen Harary, Keith Chapman dan Scott Kraft
ProduserPatricia Burns
Durasi22 menit (11 menit per episode), 45 menit (episode spesial)
Rumah produksiGuru Studio, TVOKids, Nickelodeon Productions dan Spin Master Entertainment
Rilis asli
JaringanTVOKids
Nickelodeon
Nick Jr.
GTV
Format gambarCGI
Rilis12 Agustus 2013 (2013-08-12) –
sekarang

Paw Patrol adalah sebuah serial televisi animasi pra-sekolah dari Kanada yang dibuat oleh Keith Chapman. Serial tersebut pertama kali ditayangkan pada 12 Agustus 2013, di Nickelodeon di Amerika Serikat, di Kanada di TVOKids pada 2 September 2013, dan di Nickelodeon di Indonesia pada 4 November 2013. Meskipun serial tersebut adalah acara Nick Jr., acara tersebut ditayangkan di Nickelodeon dan TVOKids. Acara tersebut diproduksi oleh Spin Master Entertainment yang terikat dengan TVOKids dan Nickelodeon. Acara animasi tersebut diproduksi oleh Guru Studio. Pada 14 November 2013, Nickelodeon mengumumkan bahwa PAW Patrol melakukan pembaruan untuk musim keduanya, yang mulai ditayangkan pada 13 Agustus 2014.[1][2]

Lagu tema dari serial PAW Patrol adalah sebuah lagu rock yang dimainkan pada permulaan setiap episode. Vokalnya dinyanyikan oleh Scott Simons, sementara liriknya ditulis oleh Michael Smidi Smith dan Scott Krippayne.

Untuk versi sulih suara bahasa Indonesia dari serial PAW Patrol mulai ditayangkan di Global TV (GTV) sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Alur[sunting | sunting sumber]

Seorang anak laki-laki bernama Ryder memimpin sekawanan anak anjing yang dikenal sebagai PAW Patrol. Mereka bekerja sama dalam misi penyelamatan untuk melindungi kota Adventure Bay.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

  • Ryder (diisi suaranya oleh Owen Mason (musim 1 dan 2) dan Elijha Hammill (musim 2 dan 3)) - Ryder adalah anak yang pemberani dan heroik, dia berusia 10 tahun yang memimpin anak-anak anjing dalam melakukan operasi penyelamatan di kota Adventure Bay. Ryder mengendarai kendaraan ATV bernomor 1, yang bisa dikendarai ketika berada di darat, laut, daratan es dan udara.
  • Chase (diisi suaranya oleh Tristan Samuel (musim 1) dan Max Calinescu (musim 2 dan 3)) - Chase adalah seekor anak anjing gembala Jerman yang berjiwa pemimpin dan kapten dari PAW Patrol. Chase sangat dekat dengan Marshall, Chase mengendarai mobil polisi biru bernomor 2. Ia alergi terhadap bulu kucing dan unggas. Pada PAW Patrol: The Movie, Chase telah menjadi salah satu dari dua maskot (bersama Marshall) dari Spin Master Entertainment dan ditampilkan dalam logo produksi mereka.
  • Marshall (diisi suaranya oleh Gage Munroe (musim 1) dan Drew Davis (musim 2 dan 3)) - Marshall adalah sahabat terbaik chase, dia adalah seekor anak anjing dalmatian yang ceroboh dan jenaka. Marshall mengendarai mobil pemadam kebakaran merah bernomor 3 dan kendaraan ini di jalan tol dengan kecepatan 120 km/jam. Ia takut terhadap ketinggian. Pada PAW Patrol: The Movie, Marshall telah menjadi maskot lain dari Spin Master Entertainment dan ditampilkan dalam logo produksi mereka
  • Skye (diisi suaranya oleh Kallan Holley) - Skye adalah seekor anak anjing cocker spaniel yang suka terbang dan melakukan penyelamatan udara. Skye mengendarai helikopter merah muda bernomor 4. Ia takut terhadap elang.
  • Rocky (diisi suaranya oleh Stuart Ralston (musim 1 dan 2) dan Samuel Faraci (musim 3)) - Rocky seekor anak anjing terrier skotlandia yang suka memperbaiki sesuatu dan mengumpulkan barang-barang bekas. Rocky sangat dekat dengan Zuma. Rocky mengendarai mobil daur ulang hijau bernomor 5 dan kendaraan ini di jalan tol dengan kecepatan 110 km/jam. Ia takut terhadap air.
  • Rubble (diisi suaranya oleh Devan Cohen) - Rubble adalah seekor anak anjing bulldog yang suka makan dan menggali tanah. Rubble mengendarai mobil konstruksi bangunan kuning bernomor 6 dan kendaraan ini di jalan tol dengan kecepatan 110 km/jam. Ia takut terhadap laba-laba.
  • Zuma (diisi suaranya oleh Alex Thorne) - Zuma adalah sahabat terbaik Rocky, dia adalah seekor anak anjing labrador retriever yang suka dengan air dan melakukan penyelamatan dalam air. Zuma mengendarai hovercraft jingga bernomor 7. Ia selalu dihalangi oleh Wally, Walrus kesayangan Cap'n Turbot, dalam melakukan suatu penyelamatan melalui air.
  • Everest (diisi suaranya oleh Berkley Silverman (musim 2 dan 3)) - Everest adalah seekor anak anjing husky siberia yang merupakan anggota terbaru dari PAW Patrol dan melakukan penyelamatan di gunung salju dan saat musim salju. Everest menggunakan mobil salju putih bernomor 9. Ia tinggal bersama Jake di kabin di gunung salju.
  • Cap'n Turbot/Horatio Turbot (diisi suaranya oleh Ron Pardo) - Cap'n Turbot adalah teman baik PAW Patrol yang bekerja sebagai kapten laut dan tinggal di mercusuar ia juga ceroboh seperti Marshall.

Karakter Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Tracker (diisi suaranya oleh David Lopez (musim 3)) - Tracker adalah seekor anak anjing chihuahua yang merupakan anggota terbaru dari PAW Patrol dan melakukan penyelamatan di hutan. Tracker menggunakan mobil jeep hijau tua bernomor 11. Ia tinggal bersama Carlos di hutan. Ia takut terhadap gelap. Dan pada dubbing inggris ia juga terkadang berbicara bahasa Spanyol
  • Katie (diisi suaranya oleh Katherine Forrester) - Katie adalah teman baik PAW Patrol yang memiliki klinik hewan. Ia memiliki seekor kucing abu-abu yang bandel bernama Cali.
  • Cali (diisi suaranya oleh Julie Lemieux) - Cali adalah seekor kucing abu-abu yang bandel. Ia tinggal bersama Katie di klinik hewan.
  • Francois Turbot (diisi suaranya oleh Peter Cugno) - Francois Turbot adalah sepupu Cap'n Turbot yang ceroboh.
  • Petani Al (diisi suaranya oleh Ron Pardo) - Petani Al adalah seorang petani di Adventure Bay. Ia memiliki banyak binatang ternak, terutama domba.
  • Petani Yumi (diisi suaranya oleh Hiromi Okuyama (musim 1) dan Stephany Seki (musim 2 dan 3)) - Petani Yumi adalah seorang petani di Adventure Bay. Ia memiliki Betina si Sapi, Garbi si Kambing, dan beberapa ayam.
  • Wali kota Goodway (diisi suaranya oleh Deann Degruijter) - Wali kota Goodway adalah seorang wali kota wanita Adventure Bay. Ia memiliki seekor ayam putih yang bandel bernama Chikaletta.
  • Jake (diisi suaranya oleh Scott McCord) - Jake adalah seorang remaja yang menyukai operasi penyelamatan dari PAW Patrol dan memiliki kabin di gunung salju sebagai tempat tinggalnya. Ia adalah teman baik Ryder dan pemilik Everest.
  • Pak Porter (diisi suaranya oleh Blair Williams) - Pak Porter adalah kakek Alex yang memiliki sebuah restoran dan pasar di Adventure Bay. Ia selalu terpeleset jika ada barang-barangnya yang jatuh.
  • Alex Porter (diisi suaranya oleh Christian DiStefano) - Alex adalah seorang anak laki-laki tinggal bersama dengan kakeknya di Adventure Bay. Alex sangat bandel dan ingin melakukan operasi penyelamatan bersama dengan Ryder dan PAW Patrol.
  • Raimundo (diisi suaranya oleh Juan Chioran (musim 1 dan 3)) - Raimundo adalah seorang pemilik sirkus yang melakukan tur bersama hewan-hewan sirkusnya.
  • Carlos (diisi suaranya oleh Lucius Hoyos (musim 2) dan Jaiden Cannatelli (musim 3)) - Carlos adalah seorang remaja dari Selatan yang suka dengan petualangan di hutan. Ia adalah teman baik Ryder dan pemilik Tracker.
  • Wali kota Humdinger (diisi suaranya oleh Ron Pardo (musim 2 dan 3)) - Wali kota Humdinger adalah seorang wali kota Foggy Bottom. Ia adalah saingan dari Wali kota Goodway dan berperan dalam melakukan operasi kriminal untuk mengalahkan Wali kota Goodway dan PAW Patrol. Ia selalu melakukan operasi kriminal bersama enam anak kucing peliharaannya (yang memiliki peralatan yang sama dengan peralatan enam anak anjing PAW Patrol).
  • Harold Humdinger (diisi suaranya oleh Chance Hurstfield) - Harold Humdinger adalah keponakan dari Wali kota Humdinger.
  • Daring Danny X (diisi suaranya oleh Daniel Desanto (musim 3)) - Daring Danny X adalah seorang remaja yang menyukai olahraga ekstrim, namun ceroboh.
  • Gustavo Goodway - Gustavo Goodway adalah saudara Wali kota Goodway.
  • Grover Goodway - Grover Goodway adalah seorang wali kota pertama Adventure Bay. Ia merupakan leluhur dari Wali kota Goodway dan Gustavo Goodway.
  • Julius Goodway (Moses Rankine (Season 1-Season 4) dan Justice James (Season 5-sekarang)) - Julius Goodway adalah keponakan Wali kota Goodway dan putra Gustavo Goodway. Ia sering terlihat bersama dengan saudari kembarnya, Justina.
  • Justina Goodway (Addison Holley (Season 1-Season 4) dan Holly Gorski (Season 5-sekarang) - Justina Goodway adalah keponakan Wali kota Goodway dan putri Gustavo Goodway. Ia sering terlihat bersama dengan saudara kembarnya, Julius.
  • Ace Sorensen (diisi suaranya oleh Julianna Paul (Season 2) dan Megan Fahlenbock (Season 3)) - Ace adalah seorang pilot akrobat profesional. Dia terbang dengan pesawat kecil yang dia beri nama "Amelia".

Episode[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Year Award Category Nominees Episode Result
2014 41st Daytime Creative Arts Emmy Awards Outstanding Original Song – Main Title and Promo[3] Scott Krippayne and Smidi Smith Nominasi
2016 43rd Annie Awards Best Animated Television/Broadcast Production for Preschool Children[4] Spin Master Pups Save a Mer-Pup Nominasi
4th Canadian Screen Awards Best Pre-School Program or Series[5] Spin Master Nominasi
Best Direction in an Animated Program or Series[5] Jamie Whitney Pups Save a Talent Show Menang
Licensing.biz People Awards[6] Licensee Team of the Year[6] Spin Master Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bibel, Sara (14 November 2013). "'Paw Patrol' Renewed for Season Two by Nickelodeon". TV By the Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-17. Diakses tanggal 16 Desember 2013. 
  2. ^ "Nickelodeon's 'Paw Patrol' Gets Second Season Pickup". Deadline. 14 November 2013. Diakses tanggal 16 Desember 2013. 
  3. ^ "Daytime Emmy Nominations: 'Young and the Restless' Leads with 26 Nominations". Deadline. 
  4. ^ ""PAW Patrol: Pups Save a Mer-Pup" - 43rd Annual Annie Awards". AnnieAwards.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 3, 2015. Diakses tanggal 3 December 2015. 
  5. ^ a b "2016 Canadian Screen Awards Nominees Announced". ETCanada.com. Diakses tanggal 31 January 2016. 
  6. ^ a b "A Winning Week for PAW Patrol". PR Newswire. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]