Ovi Mail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ovi Mail adalah e-mail account gratis yang diberikan Nokia untuk para penggunanya. Ovi Mail bekerja pada berbagai perangkat Nokia dan tersedia secara online di https://mail.ovi.com. Aplikasi dioptimalkan untuk mobile dan menyediakan akses yang sederhana dan elegan antar web. Ovi tersedia dalam 12 bahasa selama periode beta termasuk Inggris, Spanyol, Portugis, Perancis, Jerman, Hindi, Bengali, Tagalog, Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia.

Dengan e-mail Ovi, kita dapat membaca dan mengirim pesan e-mail dari perangkat selular ke komputer. Perlindungan anti-spam akan membantu kita mengatur kotak pesan dan perlindungan virus menjaga keamanan pesan.

E-mail Ovi tersedia dalam dua versi, yakni bandwidth tinggi dan rendah. Versi bandwidth tinggi mencakup fitur lanjutan, misalnya tarik dan lepas, serta pemformatan teks. Versi bandwidth rendah ditujukan untuk sambungan Internet yang lebih lambat. Kita dapat beralih di antara versi bandwidth bila perlu.

Ovi mail memberikan beberapa keuntungan, antara lain komunikasi e-mail bisa dilakukan langsung via telepon genggam dan dengan e-mail tentu tulisan bisa menjadi lebih banyak dan beragam. Yang paling penting, harga yang ditawarkan e-mail jauh lebih murah daripada SMS biasa.

Beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di antaranya adalah kontak untuk menyimpan nama, alamat, alamat email, dan nomor telepon. Ada juga kalender untuk mengatur jadwal dan mengingatkan apa yang menjadi tugas kita. Untuk yang memerlukan peta, ada fasilitas maps. Fasilitas lainnya adalah mesin download, musik dan games. Bahkan, situs Ovi memungkinkan para pengguna untuk upload foto dan video untuk saling berbagi

E-mail merupakan salah satu cara komunikasi yang murah dan cepat. Keberadaannya sekarang sudah banyak menggantikan komunikasi surat-menyurat lewat pos, karena selain hanya memerlukan waktu dalam hitungan detik, juga murah.

Sejarah OVI[sunting | sunting sumber]

Ovi pertama kali diumumkan pada masyarakat pada tanggal 16 januari 1996 bertepatan dengan ulangtahun kami Syahid dan Apep di acara Go Play di London. Ovi sendiri memiliki arti "pintu", Ovi berasal dari bahasa Finlandia. Ovi Mail beta kemudian dirilis pada 28 Agustus 2008. Nokia selama ini telah melakukan beberapa usaha untuk Ovi. Usaha-usaha ini termasuk IP, paten dan komponen inti seperti sinkronisasi. Diperoleh IP, paten termasuk perusahaan seperti Starfish Software, Intellisync Navteq, Gate5, Plazes, dan lain-lain. Komponen lainnya telah dikembangkan secara internal.

Layanan Ovi Mail diluncurkan terkait kian banyaknya pelanggan Nokia di pasar yang sedang berkembang, masyarakat merasa lebih senang terkoneksi internet langsung via ponsel daripada PC. Bagi para pengguna PC yang mau membuat akun, Nokia telah memberikan akses melalui http://mail.ovi.com/.

Dahulu kalau ingin membuat akun e-mail baru, kita harus menggunakan sebuah komputer yang telah dilengkapi dengan fasilitas internet atau bahkan harus ke warnet terlebih dahulu. Akan tetapi, dengan adanya layanan Ovi Mail dari Nokia, proses pembuatan sebuah akun baru dapat dilakukan melalui ponsel. Ovi Mail diharapkan menjadi pelopor komunikasi melalui telepon genggam yang selama ini selalu didominasi percakapan dan SMS, berubah menjadi komunikasi melalui e-mail.

Perkembangan Ovi Mail[sunting | sunting sumber]

Nokia merilis versi beta publik dari Mail pada layanan Ovi, yang memungkinkan pengguna untuk sign up gratis akun e-mail secara langsung dari handset Series 40. Layanan tersedia dalam berbagai bahasa, setelah masa uji satu bulan di mana pengguna di India, Malaysia dan Filipina bisa mencoba layanan tersebut. Mail on Ovi memberikan pengguna semua fitur dan fungsi-fungsi dari PC-based e-mail. Nokia mengklaim telah mendapatkankan lebih dari 110 juta perangkat secara global sejak Oktober 2008, jadi ini jelas merupakan suatu pengumuman besar, terutama bagi negara-negara di mana perangkat mobile adalah hubungan komunikasi digital utama, bukan komputer. Ini disebut emerging market mewakili pertumbuhan besar peluang bagi produsen ponsel dan penyedia layanan, sehingga tak heran Nokia begitu terfokus pada penciptaan layanan baru untuk menurunkan harga perangkat.

Terkait dengan diluncurkan Ovi Mail tersebut, Nokia telah mengembangkan telepon genggam dan aplikasi dengan harga yang terjangkau, dirancang, dan dibangun berdasarkan kebutuhan spesifik masyarakat. Telepon genggam pendukung yang diluncurkan untuk menikmati layanan Ovi Mail adalah Nokia seri 2323, 2330 classic, 2700 classic dan 2730 classic. Selain ponsel-ponsel tersebut, Ovi Mail juga dapat digunakan di seluruh perangkat Nokia dengan platform S40 yang sering diadopsi dalam ponsel Nokia berharga miring.

Langkah Mendaftar[sunting | sunting sumber]

  1. Bukalah folder Messaging mailbox, kemudian pilih Email mailbox.
  2. Pilih Connect, kemudiaan email setup wizard akan terkoneksi secara otomatis. Tentu sebelumnya, GPRS sudah disetting terlebih dahulu.
  3. Pilih Register untuk membuat akun baru.
  4. Buat nama akun sesuai keinginan anda, misalnya Tian
  5. Tuliskan kata sandi pribadi.
  6. Lakukan validasi akun, sesuai karakter yang terdapat dalam frame.
  7. Setelah selesai membaca service terms and privacy policy, pilih continue.
  8. Akun Nokia anda kini siap digunakan.
  9. Setelah setting konfigurasi mailbox anda selesai, buka mailbox Ovi mail dari folder Messaging.
  10. Selanjutnya anda akan segera manerima sebuah pesan dari tim Ovi Mail.

Selain dapat diakses dari telepon genggam, Ovi mail juga dapat diakses dari ovi.com. Caranya pun sangat mudah:

  1. Buka situs: http://maps.ovi.com/services/ , dan sign in dengan akun Nokia anda.
  2. Tampilan situs tersebut sangat familiar dan intuitif. Pengguna pun dapat membuat folder baru, dan sebagainya.
  3. Selain itu pengguna juga dapat melakukan drag and drop untuk menghapus pesan e-mail, atau sekadar memindah isi pesan e-mail.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]