Ossau-Iraty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ossau-Iraty
Ossau-Iraty.jpg
Negara asal Perancis
Wilayah Pyrenees
Sumber susu Domba
Dipasteurisasi Tidak
Tekstur Semi-keras
Waktu pematangan 90 hari
Sertifikasi AOC[1]

Ossau-Iraty atau Ossau-Iraty Brebis-Pyrénées adalah keju dari daerah Pyrenees di Perancis yang dibuat dengan menggunakan susu domba mentah.[1] Keju ini memiliki bentuk silinder dengan diameter 25 sentimeter dan tinggi 12 sentimeter.[2] Berat dari keju ini berkisar antara 4 hingga 5 kilogram.[2] Keju ini memiliki varian yang lebih kecil yang bernama Petit Ossau-Iraty dengan berat 1 hingga 3 kilogram.[2] Keju ini memiliki kulit yang halus dan tebal serta berwarna kuning atau abu-abu.[2] Keju Ossau-Iraty masih diproduksi di pegunungan dengan menggunakan susu dari domba yang berkepala hitam yaitu domba Manech.[1] Keju ini telah disertifikasi oleh AOC dan karena itu harus memenuhi beberapa ketentuan, diantaranya adalah proses koagulasi haruslah menggunakan rennet dan pematangannya haruslah 60 hari untuk yang berukuran kecil dan 90 hari untuk yang berukuran besar.[1] Apabila ketentuan tersebut tidak dipenuhi maka keju dari daerah ini tidak dapat disebut Ossau-Iraty tetapi akan disebut dengan Fromage de Brebis.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 36.
  2. ^ a b c d (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 204-205.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Ossau-Iraty