Ositania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Versi bendera yang sering digunakan aktivis Ositan.
Peta linguistik Ositania

Ositania (Ositan: Occitània [uksiˈtanjɔ/utsiˈtanjɔ],[1][2] kadang disebut lo País d'Òc, "Negara Oc"), adalah wilayah di Eropa Selatan tempat bahasa Ositan dulunya merupakan bahasa utama penduduknya dan di tempat-tempat tertentu menjadi bahasa kedua. Wilayah budaya ini mencakup Perancis bagian selatan, serta Monako dan sebagian kecil Italia (Lembah Ositan, Guardia Piemontese) dan Spanyol (Lembah Aran). Ositania telah dianggap sebagai konsep linguistik dan kultural sejak Abad Pertengahan, namun tidak pernah menjadi entitas hukum atau politik dengan namanya sendiri, meski teritorinya bersatu pada zaman Romawi dengan nama Septem Provinciæ[3] dan awal Abad Pertengahan (Aquitanica atau Kerajaan Visigothik Toulouse[4]) sebelum penaklukan oleh bangsa Frank dimulai pada awal tahun 1200-an.

Saat ini, sekitar setengah juta orang dari 16 juta penduduk wilayah ini mampu menuturkan bahasa Ositan dengan baik,[5] meski bahasa yang lebih umum dipertuturkan di daerah ini adalah bahasa Perancis, Italia, Katalan dan Spanyol. Sejak 2006, bahasa Ositan menjadi bahasa resmi Katalunya yang mencakup Lembah Aran tempat bahasa Ositan memperoleh status resmi pada 1990.

Tokoh ternama dari Ositania[sunting | sunting sumber]



Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Occitania

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pengucapan regional: Occitània = [u(k)siˈtanjɔ, ukʃiˈtanjɔ, u(k)siˈtanja]. Note that the variant Occitania* = [utsitanˈi(j)ɔ] is considered incorrect, since it is influenced by French, according to Alibert's prescriptive grammar (p. viii) and to the prescriptions of the Occitan Language Council (p. 101).
  2. ^ When speaking Occitan, Occitania can be easily referred to as lo país , i.e. 'the country'.
  3. ^ Map of the Roman Empire, ca400 AD
  4. ^ Map of the Visigothic Kingdom
  5. ^ World Directory of Minorities and Indigenous People

Pranala luar[sunting | sunting sumber]