Kepodang coklat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Oriolus szalayi)
Kepodang Coklat
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
O. szalayi
Nama binomial
Oriolus szalayi
(Madarász, 1900)

Kepodang Coklat ( Oriolus szalayi ) adalah spesies burung dari keluarga Oriolidae . Burung ini ditemukan di Papua Indonesia dan Papua Nugini.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Burung ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 27 cm, berwarna coklat abu-abu dengan bercak kehitaman di muka; banyak coretan gelap di kepala dan tubuh bagian bawah; paruh merah-darah. Burung remaja berparuh hitam dan alis putih mencolok. Burung remaja sangat mirip dengan jenis-jenis Cikukua, bedanya paruh Cikukua lebih tajam dan tidak memiliki coretan di tubuhnya.

Mirip dengan Isap-madu kepala-coreng, bedanya paruh Isap-madu kepala-coreng lebih pendek, tidak terdapat coretan pada tubuh bagian bawah, dan memiliki garis malar yang jelas.

Tempat hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Menghuni kanopi hutan di sekitar papua tepi hutan dan hutan sekunder di dataran rendah dan perbukitan, juga di hutan rawa dan hutan mangrove, dari permukaan laut sampai ketinggian 1400 mdpl.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Oriolus szalayi". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012.