Orient Express

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Poster mengiklankan jadwal Musim Dingin 1888-1889 untuk Orient Express

Orient Express adalah nama kereta api penumpang jarak jauh yang pernah dioperasikan oleh Compagnie Internationale des Wagons-Lits. Pada 14 Desember 2009, Orient Express berhenti beroperasi, dan rutenya dihapus dari jadwal perjalanan kereta api Eropa. Dihentikannya operasi Orient Express dilaporkan sebagai "korban kereta api kecepatan tinggi dan maskapai penerbangan murah."[1] Sepanjang sejarahnya, rute Orient Express mengalami beberapa kali perubahan, dan beberapa rute lainnya pada masa lalu juga disebut Orient Express. Meskipun aslinya merupakan sebuah layanan biasa kereta api internasional, nama Orient Express sering disamakan dengan perjalanan kereta api mewah. Dua nama kota yang dikaitkan dengan The Orient Express adalah Paris dan Istanbul, ujung jalur layanan kereta tersebut.

Sejak tahun 1977, Orient Express sudah menghentikan jalur Paris-Istanbul. Penerusnya, berupa jalur Orient Express yang sudah diperpendek, melayani jalur kereta api malam Paris-Wina, namun jalur Paris-Wina pun berhenti beroperasi sejak 2007. Pemberangkatan terakhir Orient Express jalur Paris-Wina dilakukan pada Jumat, 8 Juni 2007. Jalur Orient Express kembali diperpendek menjadi jalur Strasbourg-Wina.[2] Dimulainya jalur Strasbourg-Wina ditandai dengan peresmian kereta api cepat LGV Est antara Strasbourg-Paris. Kereta api berangkat dari Strasbourg pada pukul 22.20 setiap hari, setelah TGV dari Paris tiba. Orient Express disambung di Karlsruhe dengan kereta tidur untuk jalur tengah malam yang melayani jalur Amsterdam-Wina.

Orient Express asli[sunting | sunting sumber]

Rute bersejarah Orient Express

Rute aslinya, yang beroperasi pada 4 Oktober 1883, adalah dari Paris, Gare de l'Est, menuju Giurgiu di Rumania melalui München dan Wina. Di Giurgiu, penumpang menaiki kapal feri menyeberangi Donau ke Ruse di Bulgaria untuk menaiki kereta lainnya menuju Varna, di sana mereka dapat melanjutkan perjalanan ke Istanbul dengan feri. Pada 1885, rute lainnya memulai operasinya, kali ini mencapai Istanbul dengan kereta dari Vienna ke Belgrade dan Niš, angkutan ke Plovdiv dan kereta ke Istanbul.

1889, selesainya jalur rel langsung menuju Istanbul. Orient Express kali ini beroperasi setiap hari dari Paris ke Budapest, tiga kali seminggu menuju Beograd dan Istanbul, dan sekali seminggu menuju Bukares dan Constanta, di Laut Hitam.

Pada tahun yang sama, ujung jalur kereta paling timur terletak di Varna di Bulgaria, dimana penumpang dapat menggunakan kapal ke Istanbul. Pada 1889, kereta memulai operasi non-stop menuju Istanbul, yang menjadi perhentian paling timur hingga 19 Mei 1977. Ujung jalur timur adalah Stasiun Sirkeci di Tanduk Emas. Layanan feri dari pier sebelah terminal dapat mengangkut penumpang menyeberangi Selat Bosporus ke Stasiun Haydarpaşa, ujung jalur Perusahaan Kereta Api Ottoman .

Perang Dunia I[sunting | sunting sumber]

Permulaan Perang Dunia I pada 1914 menyebabkan ditundanya layanan Orient Express. Mereka melanjutkan pada akhir perang pada 1918, dan pada 1919, pembukaan Terowongan Simplon memberikan kesempatan untuk perkenalan rute ke selatan melalui Milan, Venesia dan Trieste. Layanan pada rute ini disebut sebagai Simplon Orient Express, dan beroperasi sebagai tambahan dari rute lama. Perjanjian Saint-Germain berisi sebuah pernyataan yang meminta Austria menerima jalur ini: sebelumnya, Austria hanya mengizinkan layanan internasional untuk melewati teritorinya (termasuk Trieste pada waktu itu) apabila melalui Wina. Simplon Orient Express kemudian menjadi rute rel paling penting antara Paris dan Istanbul.

Masa kejayaan Orient Express[sunting | sunting sumber]

Tahun 1930-an merupakan kejayaan operasi Orient Express, dengan tiga layanan paralel: Orient Express, Simplon Orient Express, dan juga Arlberg Orient Express, yang membentang melalui Zürich dan Innsbruck menuju Budapest, dengan gerbong tidur menuju Bukares dan Atena. Saat ini, Orient Express mendapat reputasinya untuk kenyamanan dan kemewahan, mengangkut gerbong tidur dengan operasi permanen dan gerbong makan yang dikenal untuk kualitas hidangannya. Anggota kerajaan, orang penting, diplomat, pebisnis dan borjuis memuji mereka. Setiap layanan Orient Express juga meliputi gerbong tidur dari Calais menuju Paris, dan memperluas layanannya dari satu ujung benua Eropa ke ujung lainnya.

Perang Dunia Kedua[sunting | sunting sumber]

Terpecahnya Perang Dunia Kedua tahun 1939 mengganggu operasi kereta ini, kemudian tidak dilanjutkan hingga 1945. Selama perang, perusahaan Mitropa Jerman menjalankan sejumlah layanan pada rute ini melalui Balkan, tetapi para pemberontak sering menyabot jalur ini, memaksa perhentian layanan ini.

Setelah akhir perang, operasi normal berlanjut kecuali pada wilayah Atena, dimana dekatnya perbatasan antara Yugoslavia dan Yunani mengganggu operasi tersebut. Perbatasan tersebut dibuka kembali pada 1951, tetapi penutupan perbatasan Bulgaria-Turki sejak 1951 hingga 1952 menghambat jalannya operasi ke Istanbul pada waktu itu. Selama Tirai Besi melintasi Eropa, layanan ini tetap berjalan, tetapi negara-negara komunis mengganti gerbong Wagon-Lits dengan gerbong yang dijalankan layanan kereta api mereka.

Direct Orient Express[sunting | sunting sumber]

Tahun 1962, Orient Express dan Arlberg Orient Express telah menghentikan operasinya, meninggalkan satu-satunya Simplon Orient Express. Ini diganti pada tahun 1962 oleh layanan lebih lambat yang disebut Direct Orient Express, menjalankan layanan harian dari Paris menuju Beograd, dan layanan dua kali seminggu dari Paris menuju Istanbul dan Atena.

Tahun 1971, perusahaan Wagon-Lits menghentikan pembuatan gerbong dan mengambil keuntungan dari penghasilan tiket. Daripada menjual atau menyewa semua gerbongnya kepada berbagai perusahaan kereta api nasional, tetapi masih menyediakan pekerja untuk gerbong-gerbong mereka. Tahun 1976 adalah penutupan layanan langsung Paris-Athena, dan pada 1977, Direct Orient Express ditutup seluruhnya, dengan layanan Paris-Istanbul terakhir pada tanggal 19 Mei 1977.

Orient Express jalur pendek[sunting | sunting sumber]

Ditutupnya Direct Orient Express sudah diramalkan dengan berbagai tanda akhir Orient Express keseluruhan, tetapi kenyataannya operasi di bawah nama ini berlanjut dari Paris ke Budapest dan Bukares seperti sebelumnya (melalui Strasbourg, Munchen, dan Budapest). Ini berlanjut hingga 2001, ketika operasi ini dimundurkan hingga Paris-Wina, gerbong yang terdahulu dipakai untuk perjalanan Paris-Strasbourg. Layanan tersebut berjalan harian, tercantum pada jadwal dibawah nama Orient Express, hingga 8 Juni 2007. Tetapi, dengan pembukaan jalur kereta berkecepatan tinggi Paris-Strasbourg tanggal 10 Juni 2007, layanan Orient Express diperpendek lagi hingga Strasbourg-Wina, tiba malam hari pada pukul 22:20 dari Strasbourg, dan masih menggunakan nama itu. Jalur ini menyediakan perjalanan yang nyaman sejak tibanya TGV dari Paris.

Satu fitur yang menarik dari kereta Orient Express adalah pemasangan gerbongnya yang datang dari Perancis, Jerman, Austria, dan sebelumnya, Hungaria dan Rumania, yang membolehkan orang-orang membandingkan pilihan negara tersebut dan memilih yang terbaik. Tentunya, gerbong tidur dan makan yang sebelumnya dimiliki oleh Compagnie Internationale de Wagons-Lits kadang-kadang mudah dijumpai.

Rute lama Orient Express dapat dibagi menjadi empat kereta: Paris-Strasbourg, Strasbourg-Wina, Wina-Beograd dan Beograd-Istanbul, masing-masing beroperasi harian. Rute lain dari Paris menuju Istanbul juga masih ada, seperti Paris-Muenchen-Budapest-Bucuresti-İstanbul, atau Paris-Zurich-Beograd-Istambul, masing masing memiliki waktu tempuh 60 jam tanpa henti.

Kereta pribadi bermerek Orient Express[sunting | sunting sumber]

Tahun 1982, Venice-Simplon Orient Express dibentuk sebagai perusahaan pribadi, mengoperasikan gerbong tahun 1920-an dan 1930-an dari London menuju Venezia. Layanan ini berjalan antara Maret dan November, dan ditujukan pada pelancong kaya, dengan tiket seharga £1,200 per orang dari London ke Venesia. Bulan Oktober 2007, perusahaan ini juga memberikan layanan antara Venesia dan Istanbul, juga rute menuju kota-kota Eropa lainnya. Perusahaan ini juga memberikan perjalanan semacam itu di Malaysia/Thailand dan melintasi Australia.

American Orient Express beroperasi di barat Amerika Serikat juga sebagian Kanada dan Meksiko. Disebarluaskan sebagai gabunan kapal pesiar dan hotel berbintang lima. Namanya berubah menjadi GrandLuxe Rail Journeys.

Orient Express dalam budaya terkenal[sunting | sunting sumber]

Kamar Agatha Christie di Hotel Pera Palas di Istanbul dimana ia menulis Murder on the Orient Express.

Sejarah terkenal dan kekayaan Orient Express telah membawanya ke sejumlah buku dan film juga dokumenter televisi.

Orient Express dalam sastra[sunting | sunting sumber]

Orient Express dalam film[sunting | sunting sumber]

Orient Express dalam televisi[sunting | sunting sumber]

Orient Express dalam permainan dan kartun[sunting | sunting sumber]

Permainan RPG Call of Cthulhu menggunakan kereta untuk satu skenarionya yang terkenal. Orient Express juga terdapat pada permainan petualangan oleh Jordan Mechner: The Last Express merupakan permainan misteri pembunuhan yang memiliki latar belakang akhir operasi Orient Express pada awal Perang Dunia I. Kartun Teenage Mutant Ninja Turtles 1987 memiliki adegan terbaik pada episode di kereta. Di episode Musim 1 Where on Earth is Carmen Sandiego? tahun 1994, "The Gold Old Bad Days", Carmen Sandiego dan geng V.I.L.E.-nya memberi tantangan untuk melakukan sesuatu dengan teknologi kuno oleh perampok The Player. Tujuan Carmen adalah pada kereta. Pada acara cerita detektif Lord Darcy, sebuah adegan diambil di dalam kereta fiksi bermodel Orient Express, meskipun nama dan rutenya berbeda. Kereta ini juga tampil dalam Microsoft Train Simulatos, dimana rutenya sepanjang 101 km (63 mil) dari Innsbruck menuju St. Anton di Austria.

Bacaan[sunting | sunting sumber]

  • Orient Express: The Life and Times of the World's Most Famous Train by E H Cookridge. [3] .


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Orient Express Takes Its Final Trip
  2. ^ "'hidden europe' magazine e-news Issue 2007/15". 2007-06-07. Diakses 2007-06-07. 
  3. ^ Detail from a copy of the first publication of the book with black and white plates by Allen Lane London in 1979 with an ISBN 0-7139-1271-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]