Operasi Market Garden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Operasi Market Garden
Bagian dari Perang Dunia II
Waves of paratroops land in Holland.jpg
Gelombang penerjunan pasukan payung sekutu yang akan mendarat di Belanda selama operasi Market Garden pada bulan September 1944.
Tanggal 17 September25 September 1944
Lokasi Belanda
Hasil NAZI Jerman meraih kemenangan
Pihak yang terlibat
Bendera Britania Raya Inggris
Bendera Amerika Serikat Amerika
Bendera Kanada Kanada
Bendera Polandia Polandia
Bendera Jerman Nazi Jerman
Komandan
Bendera Britania Raya Bernard Montgomery
Bendera Britania Raya Brian Horrocks
Bendera Britania Raya Roy Urquhart
Bendera Amerika Serikat James M. Gavin
Bendera Amerika Serikat Maxwell Taylor
Bendera Polandia Stanislaw Sosabowski
Bendera Jerman Walter Model
Bendera Jerman Wilhelm Bittrich
Bendera Jerman Kurt Student
Kekuatan
35.000 tentara 20.000 tentara
Korban
11.377 tewas, terluka atau hilang
6.946 tentara Inggris hilang dalam tugas
2.000 tewas
6.000 terluka

Operasi Market Garden adalah operasi yang dilancarkan oleh sekutu dibawah pimpinan Jenderal Bernard Montgomery dari Inggris pada bulan September tahun 1944. Operasi ini bertujuan merebut dan menguasai jembatan-jembatan di garis belakang musuh (Jerman saat itu masih menguasai Belanda) sehingga bisa dengan mudah masuk ke Jerman melewati sungai Rhine untuk menguasai lembah Ruhr (pusat industri) di Jerman dengan menerjunkan ribuan pasukan payung di negara Belanda. Dengan direbutnya pusat industri Jerman, sekutu berharap perang dapat segera berakhir sebelum tiba hari Natal pada tahun 1944.Divisi-divisi sekutu yang ditugaskan untuk menjalankan misi ini adalah 101st Airborne Division(US), 82nd Airborne Division(US), 1st Airborne Division(UK), Polish Brigade, dan 30 Corps (Divisi Tank/Kavaleri) . Dalam misi ini setiap divisi-divisi sekutu harus sudah menguasai jembatan-jembatan dalam waktu yang sangat singkat, setelah itu mereka harus mempertahankan jembatan tersebut sampai 30 Corps melewati jembatan tersebut, begitu terus sampai jembatan terakhir yang ada di Arnhem.

Secara kebetulan di wilayah Belanda ada beberapa Divisi Panzer SS yang dikomandani oleh Field-Marshall Walter Model yang sedang beristirahat dan awalnya ia menyangka sekutu melancarkan serbuan untuk menangkap dirinya sehingga dia mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Pada awalnya, sekutu berhasil menguasai jembatan-jembatan yang ada di daerah Nijmegen dan Eindhoven Belanda, tetapi 1st Airborne Boys(UK) yang dipimpin oleh Col.Frost yang ditugaskan menguasai jembatan di daerah Arnhem dapat dipukul mundur oleh pasukan SS Panzer, hal ini mengakibatkan kegagalan yang fatal bagi operasi ini. Akhirnya sekutu dapat dipukul mundur dan operasi ini dianggap sebagai salah satu operasi sekutu yang gagal setelah peristiwa D-Day di Normandia selama Perang Dunia II yang diharapkan selesai sebelum hari Natal tahun 1944 tetapi ternyata masih terus berlanjut hingga menyerahnya Jerman di bulan Mei 1945. Operasi ini mengakibatkan ribuan nyawa melayang dari Divisi pasukan payung sekutu.

Rujukan[sunting | sunting sumber]