Operasi Dwarka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Operasi Dwarka
Operasi Somnath
Bagian dari Konflik Angkatan Laut dari Perang India-Pakistan 1965
Tanggal 7 September 1965
Lokasi Dwarka, Distrik Jamnagar, Gujarat, India
Pihak yang terlibat
Bendera Pakistan Negara Pakistan

Naval Jack of Pakistan.svg Angkatan Laut Pakistan

Bendera India Republik India

 Angkatan Laut India

Komandan
Naval Jack of Pakistan.svg Laksamana Pertama S.M. Anwar Naval Ensign of India.svg Laksamana Muda K.P. Samson[butuh rujukan]
Satuan terlibat
25th Destroyer Squadron
Kekuatan
PNS Babur
PNS Khaibar
PNS Badr
PNS Jahangir
PNS Shah Jahan
PNS Alamgir
PNS Tippu Sultan
PNS Ghazi
Tidak diketahui
(Kapal-kapal disimpan di teluk)
Korban
Tidak ada Kerusakan fisik sebagian pada Dwarka.[1]

Operasi Dwarka, juda dikenal sebagai "Operasi Somnath",[butuh rujukan] adalah operasi angkatan laut yang dimulai oleh Angkatan Laut Pakistan untuk menyerang kota pinggir pantai India, Dwarka, pada 7 September 1965. Operasi ini adalah pertama kalinya Angkatan Laut Pakistan digunakan dalam Peperangan India-Pakistan apapun.[butuh rujukan] Operasi ini adalah salah satu kejadian angkatan laut yang penting dari Perang India-Pakistan 1965, dan Pakistan merayakan tanggal 8 September sebagai "Hari Kemenangan" untuk Angkatan Laut Pakistan.[butuh rujukan]

Saat Perang India-Pakistan 1965 meletus antara India dan Pakistan diatas Kashmir, angkatan darat dan angkatan laut dari kedua negara terlibat di dalam perkelahian yang hebat di wilayah Punjab dan di Kashmir. Untuk mencairkan tekanan pada Front Selatan, Pakistan memutuskan untuk menggunakan angkatan lautnya dalam perang dengan melancarkan sebuah serangan kilat pada pesisir India. Sasaran utama serangan tersebut adalah seolah-olah untuk menghancurkan stasiun radar di Dwarka dimana intelijen angkatan laut Pakistan yakin bahwa disana ada sebuah suar Pencari Arah Berfrekuensi Tinggi, yang menuntun pembom India.[2] Komando Tinggi Pakistan juga berharap dapat mengalihkan operasi-operasi Angkatan Udara India jauh dari wilayah utara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Madan, Ramesh (Ex-Sgt, IAF). "The Shelling of Dwarka". Bharath Rakshak. Bharat-Rakshak.com. Diakses 8 November 2011. 
  2. ^ Mohan, P. V. S. Jagan; Chopra, Samir (May 2005). The India-Pakistan air war of 1965. Manohar. hlm. 157. ISBN 978-81-7304-641-4. Diakses 8 November 2011. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]